Tips Mengatasi Pola Makan Berlebih

    Pola makan berlebih merupakan masalah pokok bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan namun tak kunjung berhasil. Hal ini sering terjadi di antara penderita obesitas, terutama bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan setelah makan banyak sekali makanan kemudian melakukan olahraga keras dengan asumsi untuk membakar kalori. Memang bukan perkara untuk menghentikan pola makan berlebih.



     Untuk mengatasi kebiasaan buruk ini, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut agar terhindar dari pola makan berlebih dan hidup lebih sehat.

     Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghentikan pola makan berlebih yaitu hindarkan diri Anda rasa lapar. Lapar adalah suatu keadaan di mana tubuh Anda membutuhkan asupan makanan. Jangan buat tubuh Anda kelaparan. Melewatkan jam makan dapat membuat Anda lapar. Namun, jika Anda mencoba untuk makan sesuatu, pastikan asupan kalori yang masuk hanya cukup untuk kebutuhan harian Anda. Sarapan merupakan cara terbaik untuk mengatasi pola makan berlebih karena dapat memberikan asupan energi yang Anda butuhkan dalam satu hari.
 
      Kedua yaitu makanlah sedikit saja makanan namun teratur. Makan secara teratur akan jauh lebih baik daripada makan secara berlebih pada satu waktu. Makan makanan kecil tapi sering juga bisa membuat Anda mencicipi segala jenis makanan yang Anda inginkan. Ini akan membantu mencegah Anda berpikir bahwa Anda harus makan seperti pekerja bangunan.

     JIka Anda tidak ingin menjadi gemuk dan ingin mengatasi pola makan berlebih, hindarilah stress. Depresi dapat membuat seseorang makan lebih banyak. Makanan yang paling umum yang dikonsumsi saat stress adalah makanan-makanan manis yang banyak mengandung gula. Cobalah untuk mengendalikan pikiran Anda agar Anda dapat menyeimbangkan asupan makanan.Cara lain agar terhindar dari pola makan berlebih yaitu makanlah di saat Anda merasa lapar. Jangan menunda jam makan Anda. Cobalah untuk makan tepat waktu dan seperlunya saja. Sebaiknya makan tiga kali sehari dan hindarkan diri Anda untuk makan lagi setelah kenyang.

     Mengetahui tentang bagaimana cara untuk menghentikan kebiasaan makan berlebih sangat penting bagi kesehatan Anda, terutama bagi mereka yang mencoba menurunkan berat badan dengan cara makan dalam porsi yang banyak dan kemudian berolahraga keras. Hal ini tentu saja tidak efektif.Cara-cara di atas dapat Anda lakukan untuk mengatasi pola makan berlebih. Mulailah gaya hidup sehat.

Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat

0 Response to "Tips Mengatasi Pola Makan Berlebih"