Akibat Harga Bawang Melonjak Hingga Rp.70rb per Kilo

     BeritaKapan - Kabar yang sedang tersiar adalah melonjaknya harga bawang putih yang hingga saat ini berlaku dipasaran berkisar Rp.70 ribu per Kg-nya.Hal ini dapat menimbulkan dan menyebabkan akibat dari kelonjakan harga bumbu dapur lain ikut melejit.Tingginya harga bawang putih dalam beberapa waktu terakhir di Indonesia, merupakan puncak masalah akibat dari hancurnya sistem bernegara dan berpindahnya kekuasaan negara ke tangan kartel, mafia, dan sindikat pangan.







     Peneliti Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI) Salamuddin Daeng mengatakan, terkait dengan hal ini pemerintah selalu mencari solusi dengan cara memperbesar impor. Padahal, volume impor produk bawang meroket. Volume impor produk bawang putih sampai dengan 2012, menurut Badan Pusat Statistik (BPS), berjumlah 415 ribu ton, jika dibandingkan pada 2006 di mana volume impor bawang putih saat itu hanya berjumlah 295.057 ton.Namun di tahun 2013 ini Kenaikan pada volume impor bawang putih ini mencapai 59,35 persen. Akibat kebijakan impor ratusan ribu petani menjadi bangkrut," ujar Peneliti AEPI Salamuddin Daeng, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Minggu (17/3/2013).




    Kenaikan harga bawang yang mencapai Rp40.000-Rp50.000 per kilogram (kg) diminta tidak didramatisir. Pasalnya, harga beli bawang yang rendah di level petani tidak pernah dibahas.“Kenapa harga bawang di tingkat petani yang hanya Rp1.000-Rp3.000 tidak dipermasalahkan? Ini tidak adil. Kenaikan harga bawang merah saat ini jangan dipandang karena kegagalan sistem bahwa pemerintah dan DPR telah menyepakati bahwa komoditas tersebut merupakan barang yang diatur,” jelas Wakil Ketua Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Aria Bima kepada wartawan, di Solo,Jawa Tengah, Sabtu (16/3/2013) seperti yang dilansir dari Okezone.



     Berdasarkan fakta yang ada dari kenaikan harga keluarga bumbu dapur tersebut dapat mengakibatkan beberapa faktor diantaranya:

1.Pedagang bawang aktifitas mogok

   Pedagang ada yang bermodal mampu hingga bernai menaikan harga setinggi dari modalnya.Disamping itu bagi pedagang kecil enggan untuk menjual bawang yang sedang melonjak tinggi karena modal kemampuannya terbatas.


2.Pembeli dan usaha makanan

     Bagi pembeli yang digunakan untuk berbisnis mengolah makanan terpaksa harus merogoh kocek dalam untuk mendapatkan bumbu dapur yang untuk diolah bisnisnya.Akibatnya juga makanan yang dijualnya pun ikut melonjak tidak lagi seperti pertama yang ditawarkan.






Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat

0 Response to "Akibat Harga Bawang Melonjak Hingga Rp.70rb per Kilo"