Kacau Balau UN Adanya Jual Beli Kunci Jawaban

     BeritaKapan - UN seperti penyakit tahunan dalam pelaksanaan Ujian Nasional pasti ada kendalanya. Adapun terdapat salah satu peristiwa yang kotor lagi haram itu seolah menjadi jalan keluar bagi para siswa yang ketakutan tidak lulus Ujian Nasional.Padahal dengan belajar sungguh-sungguh kita pun bisa menjawab dan lulus menjadi siswa berprestasi yang bangga hasil jirih payah diri sendiri.Lain halnya ada salah satu siswa melakukan dengan cara yang kotor itu bukan jiwa muda bangsa namaya,karena dengan membeli kunci jawaban UN kepada salah satu pihak yang tidak bertanggung jawab.




       Misalnya L. Siswa salah satu SMA Negeri di Jakarta Timur ini nyaris tidak lulus. Akibat jawaban kunci UN yang dia beli salah semua."Ternyata jawaban terkatrol ke atas. Untung saya mengubah sebagian kunci karena menurut saya tidak masuk akal," kata L menyesal.

       L masih beruntung karena tidak percaya 100 persen kunci jawaban. Nasib tragis justru diderita M siswa lainNYA. M menyalin kunci jawaban tanpa menyortir terlebih dahulu. Hasilnya nilai matematika M jeblok dengan angka 3,00.Padahal M dikenal sebagai siswa pintar. Tapi karena menyalin kunci jawaban itu nilainya jeblok. "Dia juara umum dan juara kelas. Nilai bahasa Inggrisnya saja tembus nilai 10," ujar L.

       Modus jual beli kunci jawaban itu, L melanjutkan, peserta UN dikumpulkan sebelum pelaksanaan ujian. Kemudian pembelian kunci jawaban diumumkan terang-terangan.

    "Ketua kelas bertanya mau nyumbang berapa untuk bocoran UN? Mau tak mau kami menyumbang demi kekompakan, meski pada akhirnya tidak semua memakai bocoran ini," ujarnya.

     Cerita L dan M menjadi bagian kisah ngilu perjuangan anak-anak sekolah lulus UN. Maka wajar bila jual beli kunci jawaban itu dilarang. Celakanya, peristiwa seperti itu selalu terulang saban tahun. 

     Apalagi kunci jawaban ini tidak murah. Di Kediri misalnya, kunci jawaban dijual seharga Rp 30 juta. Jual beli ini melibatkan oknum penyelenggara UN dalam bentuk paket.

      "Kita punya bukti tentang itu semua, dan ini harus diusut," ungkap Anggota Komisi C. DPRD Kota Kediri, Yudi Ayubkhan yang dilansir dari merdeka.

     Peningkatan kualitas UN memang diperlukan dan harap diperbaiki.Namun bagaimana pemerintah menekan kekhawatiran dan memberikan jaminan masa depan siswa itu jauh lebih penting.Diharapkan semua bangsa Indonesia terutama siswa dan siswi gunakanlah dengan cara yang baik serta jujur dan takwa.InsyaAllah dimana ada kesulitas pasti ada kemudahan.Peristiwa tersebut jangan kita tiru sebagai bangsa Indonesia yang jujur dan bijaksana.

Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat

0 Response to "Kacau Balau UN Adanya Jual Beli Kunci Jawaban"