Keindahan Tiga Warna Pesona Danau Kelimutu

     BeritaKapan - Melihat keindahan warna sebuah danau bernama kelimutu yang sangat terkenal di Pulau Flores, NTT, dekat dengan kota Moni atau sekitar 50 km ke arah timur Ende. Jika diperhatikan danau ini sangat cantik lagi menawan untuk memanjakan mata anda dan jika Anda dapat mengunjunginya pada pagi hari. Selain warna danaunya ada cahaya sunrise yang menawan lagi sangat menakjubkan dilihat.



      Pada puncak gunung berapi terdapat tiga danau kawah dengan berbagai warna.Meskipun ketiga danau tersebut berbagi puncak gunung berapi yang sama, danau-danau itu secara berkala berganti warna dari merah, biru, dan putih. Maka dari itu, Danau Kelimutu sering disebut Danau Tiga Warna. Kelimutu sendiri berasal dari kata keli yang berarti gunung danmutu yang artinya mendidih.


Danau Kelimutu Sunset

       Kabut tebal di sekitar gunung berapi Kelimutu yang menyelimuti juga membawa efek supranatural yang diyakini oleh sebagian besar penduduk setempat. Untuk itu Danau Kelimutu dibagi menjadi tiga bagian, antara lain danau berwarna biru atau Tiwu Nuwa Muri Koo Fai yang merupakan tempat berkumpulnya roh-roh yang telah meninggal. Menariknya, warna danau terkadang juga bisa berubah menjadi hitam atau hijau muda.


      Danau berwarna merah atau Tiwu Ata Polo menjadi tempat berkumpulnya roh-roh orang yang telah meninggal dan selama hidupnya, mereka kerap melakukan kejahatan. Terakhir, danau berwarna putih atau Tiwu Ata Mbupu yang menjadi tempat berkumpulnya roh-roh orang tua yang telah meninggal..


    Jika ditinjau secara ilmiah, fenomena perubahan warna danau diyakini sebagai akibat dari reaksi kimia yang dihasilkan dari mineral yang terkandung dalam danau yang kemungkinan dipicu oleh aktivitas gas gunung berapi.


    Untuk sampai ke Danau Tiga Warna, Anda bisa melalui Kampung Moni yang berada tepat di bawah Gunung Kelimutu. Di sini Anda bisa menemukan sekitar 20 homestay yang dikelola sendiri oleh penduduk dengan tarif Rp 25.000-Rp 50.000 per malam atau cottage milik pemerintah yang berkisar antara Rp 75.000-Rp 85.000.Seperti yang dilansir dari beberapa sumber.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keindahan Tiga Warna Pesona Danau Kelimutu"