Saat Menggenggam Tangan Mampu Meningkatkan Daya Ingat

     BeritaKapan - Menggenggam Tangan. Melakukan hal yang baik dan mudah merupakan suatu kebaikan untuk diri kita sendiri.Ada pun terdapat kebiasaan kita yang secara sederhana yaitu saat menggenggamkan tangan kita.Ternyata Genggaman tangan kita mampu meningkatkan daya ingat untuk kecerdasan otak Kita loh...Menurut sebuah hasil penelitian di Amerika Serikat menunjukkan saat mengepalkan tangan dapat memperkuat ingatan seseorang.


Saat Menggenggam Tangan Mampu Meningkatkan Daya Ingat


       Seseorang bisa lebih mudah mengingat suatu daftar jika mengepalkan dan meremas kuat-kuat tangan kanan serta tangan kiri untuk mendapatkan kembali informasi dalam ingatan."Hasil ini menunjukkan gerakan tubuh sederhana, yakni dengan mengubah sementara jalannya fungsi otak, dapat memperkuat ingatan seseorang," kata Peneliti Dr. Ruth Proper seperti yang dikutip Daily Mail.



       Kata seorang ahli yakni Dr. Propper menyarankan untuk melakukan cara tersebut, terutama bagi mereka yang kesulitan menggunakan pena dan kertas ketika berusaha mengingat daftar belanja ataupun nomor telepon.Hal ini sangat cocok juga untuk kita sebagai pelajar atau mahasiswa.





      Dalam penelitian tersebut, partisipan diberi bola karet dan diminta untuk meremasnya sekuat mungkin sebelum mengingat sebanyak 72 kata. Mereka meremas bola lagi dua menit kemudian ketika akan mengumpulkan sebanyak mungkin kata yang bisa diingat.

Saat Menggenggam Tangan Mampu Meningkatkan Daya Ingat



     Satu kelompok menggunakan tangan kanannya pada dua tahap, sementara yang lain menggunakan tangan kiri. Kelompok ketiga mengepalkan tangan kanan sesaat sebelum mengingat kata-kata tersebut dan mengepalkan tangan kiri mereka untuk menyebutkannya. Sementara itu, kelompok keempat melakukan kebalikannya. Kelompok kelima memegang bola tetapi tidak meremasnya.




       Hasil yang menunjukkan mereka yang meremas dengan tangan kanan dan diikuti tangan kiri dapat mengingat sebagian besar kata-kata tersebut. Hasil terbaik kedua, yakni mereka yang mengepalkan tangan kanan pada saat bersamaan, sementara mereka yang tidak meremas sama sekali lebih baik daripada mereka yang mendahului dengan tangan kiri.





     Gerakan mengepalkan tangan kanan mengaktifkan daerah otak yang bekerja untuk menyimpan ingatan, sementara meremas tangan kiri memicu area otak sebagai kunci mendapatkan kembali informasi.Namun Dr.Propper menyarankan perlu ada penelitian lebih lanjut untuk melihat apakah tipe memori lainnya bisa ditingkatkan dan apakah jika sesorang yang kidal bisa menggunakan cara tersebut.

Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat