Rahasia Awet Muda Ala Diet Mediterania

     BeritaKapan - Diet Mediterania, merupakan pola makan yang menonjolkan konsumsi makanan berbasis tanaman dan lemak sehat daripada daging-dagingan. Simak penjelasan lengkap tentang diet mediterania seperti yang dilansir dari WebMD berikut ini.

 

1. Pengertian
     Diet mediterania bisa diartikan sebagai pola makan sehat namun tetap lezat. Kebanyakan makanan yang dikonsumsi berasal dari tanaman, seperti sayuran, buah-buahan, gandum utuh, kacang, minyak zaitun, dan beberapa keju, yogurt, ikan, telur, serta wine.Sebagian besar sumber makanan diet mediterania harus segar dan tidak diproses. Sementara cara mengolahnya juga cukup sederhana serta jarang dimasak dengan cara digoreng kering.Lemak jenuh, garam, gula, dan daging sangat sedikit porsinya dalam diet ini. Jadi tidak salah jika diet mediterania disebut sebagai ola makan yang menonjolkan konsumsi makanan berbasis tanaman.

2. Khasiat diet
     Setidaknya ada empat khasiat utama yang bisa didapatkan jika diet mediterania dijalankan setiap hari. Beberapa keuntungan tersebut bahkan sudah dibuktikan dalam penelitian, di antaranya adalah:Menangkal pikun. Sebuah penelitian dari Amerika Serikat baru-baru ini membuktikan bahwa diet mediterania mampu menangkal pikun pada lansia.Mencegah diabetes tipe 2: Karena anjuran konsumsi serat yang tinggi, diet mediterania pun bisa melancarkan pencernaan dan mencegah perubahan signifikan terhadap gula darah.

     Melindungi jantung: Hidangan seperti roti, daging merah, atau makanan olahan tidak dianjurkan dalam diet mediterania. Konsumsi red wine pun lebih disarankan daripada alkohol jenis lain. Semua itu pun dikaitkan dengan kesehatan jantung dan mencegah stroke.Awet muda: Siapa yang tidak ingin tampil awet muda luar dan dalam? Untuk mencapainya, cukup jalani diet mediterania. Sebab diet tersebut menurunkan risiko pelemahan otot sampai 70 persen.

3. Minyak zaitun
    Diet mediterania identik dengan minyak zaitun. Namun bukan minyak zaitun biasa yang digunakan, melainkan minyak zaitun ekstra virgin.Kenapa minyak zaitun? Jawabannya ada pada kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh yang ampuh melindungi jantung.Meskipun demikian, konsumsi minyak zaitun saja tidak cukup. Jenis makanan sehat lain yang disarankan dalam diet mediterania dan aktivitas fisik yang dilakukan sehari-hari juga perlu dipatuhi jika ingin mendapatkan khasiat maksimal dari pola makan ini.

4. Olahraga
     Jalan kaki adalah aktivitas fisik yang umum dilakukan untuk mendampingi diet mediterania. Selain mudah dan murah, jalan kaki rupanya cukup efektif menjaga kesehatan tubuh dan menangkal berbagai jenis penyakit.Olahraga lain yang bisa dilakukan selama menjalani diet mediterania adalah berkebun atau pilates. Setidaknya aktivitas fisik harus dilakukan dua setengah jam setiap minggu, sesuai dengan anjuran para ahli.

5. Pendapat ahli
    Ahli nutrisi menyebut bahwa diet mediterania bisa dilakukan siapa saja. Tidak ada larangan atau risiko kesehatan dari menjalani diet ini.Bahkan US News and World Report memberi peringkat keempat pada diet mediterania sebagai diet terbaik di tahun 2013. Selama bertahun-tahun, diet mediterania juga kerap berada di posisi lima teratas sebagai diet terbaik sepanjang masa.Itulah diet mediterania yang sudah dijalani masyarakat kuno sejak ribuan tahun dan diakui pula manfaatnya oleh para ahli. Rahasia awet muda sudah berada di tangan Anda!

Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat

0 Response to "Rahasia Awet Muda Ala Diet Mediterania"

Contact Form

Name

Email *

Message *