Ini Fakta Unik dan Cerita Mitos Gunung Kelud

     BeritaKapan - Meletusnya Gunung Kelud yang kini sedang masa tenarnya menurut kabar meletus pada Kamis malam (13/2) sekitar pukul 22.50 WIB. Gunung yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang, ini merupakan gunung berapi paling aktif selain Merapi seperti yang dilansir merdeka.

Ini Fakta Unik dan Cerita Mitos Gunung Kelud
(c) Foto Merdeka Gunung Kelud


     Gunung Kelud yang kini yang digegerkan dengan adanya  Fakta Unik dan Cerita Mitos yang konon kejadian ini disebabkan oleh amarahnya Mahesasura dan juga sebagai tempat yang dianggap keramat.Penasaran dengan ceritanya langsung saja simak sebagai berikut ini.



1.Gunung Kelud Meletus Amarahnya Mahasasura


    Konon cerita mitos ini kembali ke masa lampau yang menceritakan tentang perjuangan asmaranya Mahesasura, si manusia berkepala kerbau itu sedang marah, mengejar-ngejar putri impiannya bernama Dewi Kili Suci di Kerajaan Daha, Kediri.




    Menurut al kisah, Dewi Kili Suci ini dihubungkan dengan dongeng terciptanya Gunung Kelud.Dikisahkan semasa muda Kili Suci dilamar oleh seorang manusia berkepala kerbau bernama Mahesasura. Kili Suci bersedia menerima lamaran itu asalkan Mahesasura mampu membuatkannya sebuah sumur raksasa.Sumur raksasa pun tercipta berkat kesaktian Mahesasura. 




   Namun sayangnya, Mahesasura jatuh ke dalam sumur itu karena dijebak Kili Suci. Para prajurit Kadiri atas perintah Kili Suci menimbun sumur itu dengan batu-batuan. Timbunan batu begitu banyak sampai menggunung, hingga akhirnya terciptalah Gunung Kelud.

2.Gunung Kelud Sebagai Wage Keramat



     Wage adalah salah satu pasaran di hari Jawa (Pahing, Pon, Kliwon dan Legi). Sebagian orang percaya bahwa Gunung Kelud akan marah atau meletus di pasaran Wage tersebut.Pada saat meletusnya dihari Kamis (13/2) kemarin bertepatan dengan Kamis Kliwon.



      Namun dalam hitungan Jawa letusan Gunung Kelud semalam masuk dalam hitungan Jumat Wage. Dalam hitungan Jawa, waktu setelah Magrib dianggap sudah berganti hari, dengan kata lain, letusan Gunung Kelud semalam masuk dalam hari Jumat pasaran Wage atau Jumat Wage.

 3.Gunung Kelud Merupakan Tempat Kuburan Keris MpuGandring



     Menurut sebuah legenda zaman dulu,Keris Mpu Gandring sendiri terbuat dari bongkahan logam yang jatuh dari langit atau meteorit.Bongkahan logam itu diduga memiliki aura yang sangat jahat dan haus darah.Menurut cerita ini terbukti tentang ceritanya KenArok di kerajaan Singosari yang merebutkan gelar tahta untuk menjadi penguasa kerajaan.Menurut kelanjuan ceritanya Keris MpuGandring itu berada dibawah kawah Gunung Kelud dan menurut masyarakat setempat mepercayainya.



4.Gunung Kelud Terkenal Dengan Ritual Larung Saji Tolak Bala


   Larung Saji merupakan Upacara Adat yang diadakan oleh masyarakat setempat dan menurut legenda larung sesaji dimaksudkan untuk menolak bala sumpah Lembu Suro yang ditipu Dewi Kilisuci. Namun bagi umat Hindu sendiri, ritual suci ini diselenggarakan sebagai bentuk rasa syukur kepada Sang Hyang Widhi, dan juga bentuk rasa hormat pada penguasa Gunung Kelud.




   Ada beragam sesaji yang dibawa dalam ritual suci ini, mulai dari nasi, sayuran, lauk pauk, dan buah-buahan. Dalam ritual larung sesaji, masyarakat setempat biasanya membawa dua jenis tumpeng, yakni tumpeng nasi putih dan kuning. Tumpeng itu dilengkapi dengan aneka lauk-pauk, seperti telor, tahu, tempe, urap, parutan sambal kelapa dan masih banyak lagi. Menariknya, semua sesaji itu dihias dan ditata sedemikian rupa sehingga tampak cantik.



Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat

0 Response to "Ini Fakta Unik dan Cerita Mitos Gunung Kelud"