Amankah Makanan Yang Jatuh Kebawah Dimakan Kembali?

    BeritaKapan - Saya juga bingung nih,Apakah boleh mengkonsumsi kembali makanan yang sudah jatuh kebawah? Jangan khawatir ini jawaban buat anda.Biasanya jika kita sedang makan buah atau makanan jenis lainnya yang jatuh kebawah misalnya dilantai sering kali anak kecil juga berbicara "Belum Lima Menit".


(c) Ilustrasi Makanan Jatuh Liputan6


    Sepenggal kutipan tersebut bahkan hingga bertahun-tahun melekat di ingatan masyarakat dan menjadi kalimat yang diandalkan ketika makanan jatuh dan segera Anda pungut. Pertanyaannya, apakah sebenarnya makanan yang sudah jatuh ke lantai walaupun cuma sebentar boleh dimakan? Ini jawabannya Boleh atau Tidak seperti yang dilansir oleh womenshealthmag.com adalah sebagai berikut ini.


  • Mengenai Aturan Lima Detik atau Lima Menit


    Banyak sekali dari sebagian orang yang masih nekat memungut makanan yang baru saja jatuh karena berpikir makanan belum sempat terkontaminasi kuman dan masih bisa diselamatkan.Alasannya mubadir,ya nggak? 



      Namun menurut para Pakar peneliti kemudian penasaran dan melakukan penyelidikan lebih lanjut. Dipakailah tiga media, yang pertama karpet, lantai keramik, dan media terakhir lantai dengan bahan dan tekstur berbeda seperti lantai semen.


     Pada ketiga media, diletakkan bakteri Escherichia coli yang umum (juga dikenal sebagai E. coli) dan Staphylococcus aureus. Kemudian, makanan dijatuhkan dan dalam waktu tak sampai 5 detik, makanan diangkat serta diperiksa dengan menggunakan mikroskop.
  • Penelitian tersebut Menghasilnya, sebagai berikut:

1.Makanan Yang Jatuh DiLantai Semen dan Lantai Keramik


     Sekalipun diangkat tak sampai 5 detik setelah jatuh, terdapat bakteri yang sudah mengontaminasi makanan. Bakteri tersebut bisa masuk ke dalam perut dan menyebabkan berbagai macam problem penyakit perut.tubuh yang metabolismenya rendah, bisa menyebabkan sakit diare yang cukup parah.

2.Makanan Yang Jatuh ke Karpet


     Uniknya, makanan yang jatuh ke karpet terbukti masih bisa diselamatkan. Bakteri tidak sampai mengontaminasi makanan yang jatuh ke karpet apabila makanan dipungut tak sampai 5 detik.

     Jadi, apakah kesimpulannya makanan boleh dimakan setelah jatuh ke lantai? Tidak disarankan memungut lagi makanan yang jatuh ke lantai, tanah maupun karpet untuk dimakan. Lebih baik mencegah semua kontaminasi bakteri yang terbawa oleh makanan agar tubuh tidak sampai sakit.

Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat

0 Response to "Amankah Makanan Yang Jatuh Kebawah Dimakan Kembali?"

Contact Form

Name

Email *

Message *