Cara Sekilas Membongkar Kebohongan Seseorang

     BeritaKapan - Berbuat jujur itu lebih baik dari pada harus berbohong.Jika kita berbohong kepada orang lain itu sama saja membohongi diri kita sendiri.Kejujuran itu merupakan salah satu tombak atau pun perisai kehidupan seseorang.Memang sih sangatlah sulit untuk membongkar kebohongan seseorang itu.Namun ada Cara Sekilas Membongkar Kebohongan Seseorang yang dilansir oleh lifespan.com ini untuk mencari tahu apakah orang yang sedang berbicara dengan Anda itu berbohong.

(c) pixabay Ilustrasi Berbicara Pada Seseorang

1.Bisa Dilihat Dari Kontak Mata

    Orang yang berbohong bisa dilihat dari kontak matanya si dia jujur atau tidak. Jika ia menghindari kontak mata atau terlalu berlebihan dalam membuat kontak mata, maka orang tersebut bisa jadi sedang berbohong. Orang yang berbohong bisa mengalihkan pandangan dengan melihat ke lantai atau ke arah lain, atau bisa juga menatap Anda secara berlebihan.


2.Tingkah Laku Yang Aneh Maupun Tutur Kata Seseorang Yang  Gelisah

    Terkadang orang yang berbohong akan melakukan bahasa tubuh yang tidak biasa seperti sedikit tersenyum, berkedip terlalu cepat, atau berubahnya nada suara yang begitu drastis. Selain itu, orang yang berbicara sambil bersedekap juga bisa dijadikan tanda bahwa orang tersebut tidak mau menyampaikan semua informasi. Jika Anda sedang berbicara dengan seseorang dan orang tersebut sibuk sendiri dengan benda-benda yang ada di sekitarnya, bisa jadi orang tersebut sedang berbohong. 


3.Ditanya Kok Malah Balik Tanya

    Jika Anda sedang mengonfirmasi suatu hal kepada seseorang dan orang tersebut malah balik bertanya, "Kamu dapat informasi itu dari mana?" Bisa jadi orang tersebut sedang berusaha untuk mencari alasan untuk menyangkal atau berbohong.


4.Memberi Informasi Tambahan yang Sebenarnya Tidak Dibutuhkan

     Ketika Anda sedang menanyakan sesuatu dan mencari kepastian tentang sebuah hal, lalu orang tersebut tidak langsung menjawab dan malah berputar-putar dalam memberikan jawaban yang tidak pasti, bisa jadi orang tersebut tidak menyampaikan kebenaran. Apalagi jika orang tiba-tiba merasa marah atau tersinggung dengan pertanyaan Anda, bisa jadi orang tersebut sedang menutupi kebenaran.Suka mengada-ada gitu.

5.Gerakan Mata Melihat Sejauh Memandang

    Jika seseorang sedang berusaha mengingat sesuatu, ia akan melihat ke atas dan ke kiri (jika orang tersebut tidak kidal). Jika seseorang sedang berbohong dan mencari-cari alasan untuk menutupi kebohongan tersebut, ia akan melihat ke atas lalu ke kanan. Seseorang akan berkedip lebih cepat dari biasanya jika ia berbohong. Gerakan tangan untuk mengusap mata juga bisa dijadikan indikator bahwa seseorang tersebut sedang menutupi kebenaran.

6.Seseorang Itu Berkeringat

     Orang yang berbohong cenderung berkeringat lebih banyak. Meskipun berkeringat juga bisa dijadikan indikator bahwa seseorang itu malu atau gelisah, tetapi jika berkeringat sekaligus gemetar dan terlihat susah menelan, seseorang itu bisa jadi sedang berbohong.

7.Suka Mengulangi Cerita

    Jika Anda masih merasa ragu apakah orang tersebut berbohong kepada Anda, Anda bisa meminta si pembohong untuk mengulangi alasan atau cerita yang sama. Orang yang berbohong akan merasa tidak nyaman ketika ia diminta untuk mengulangi cerita (bohong) yang baru disampaikannya.

8.Perhatikan Ekspresi Mikro (micro expressions)

    Pernahkah Anda bisa dengan mudah merasakan bahwa seseorang yang sedang berbicara dengan Anda itu berbohong? Mungkin saja karena Anda telah melihay ekspresi mikro seseorang. Ekspresi ini berlangsung cepat dan terkadang sulit untuk ditangkap mata orang awam. Ekspresi mikro yang memperlihatkan bahwa seseorang itu berbohong, antara lain ekspresi setengah tersenyum yang berlangsung selama lima detik atau wajah yang tampak gusar dan berlangsung dalam waktu sekitar lima detik juga.

Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat

0 Response to "Cara Sekilas Membongkar Kebohongan Seseorang"