Jangan Di Buang Daun dan Kulit Memiliki Manfaat

  BeritaKapan - Tahukah anda Daun dan Kulit pada sayur dan buah memiliki banyak manfaatnya.Sayang sekali kalo dibuang dengan percuma karena ada beberapa bahan tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan. Karena mengandung sejumlah vitamin dan mineral penting.Jangan terburu membuang kulit atau batang sayuran. Karena kulit sayuran ini memiliki khasiat hebat untuk kesehatan.Beikut ini beberapa manfaatnya seperti yang dilansir oleh health.detik.



(c) pixabay

1.Daun Seledri

   Daun seledri memiliki kandungan lima kali lebih banyak magnesium dan kalsium daripada batangnya. Daun ini juga merupakan sumber vitamin C serta fenolat. Selain itu juga kaya akan antioksidan yang dan juga memiliki senyawa anti inflamasi. Untuk menambahkan seledri dalam makanan sehari-hari campurkan dalam salsa, kuah sup atau hiasan pada ayam dan ikan.


2.Daun Brokoli

    30 gr daun brokoli menyediakan sekitar 90 persen kebutuhan harian vitamin A. Rasa dari daun brokoli ini sama seperti daun pada umumnya. Anda dapat memasak daun ini menjadi sayur bening ataupun tumisan. Vitamin A penting untuk kesehatan mata dan dapat membantu mencegah degenerasi makula retina pada lanjut usia.


3.Kulit Semangka

    Bagian kulit semangka yang berwarna putih mengandung senyawa citrulline, yaitu asam amino yang dapat membantu melebarkan pembuluh darah untuk meningkatkan sirkulasi. Untuk mengonsumsi kulit ini anda dapat mengolahnya menjadi minuman dingin dengan menghaluskan daging semangka yang berwarna merah dan bagian kulit yang berwarna putih dan menambahkannya dengan gula.


5.Kulit Jeruk

    Kulit jeruk mengandung empat kali lebih banyak serat. Selain itu kulit jeruk juga mengandung flavonoid yaitu zat anti kanker, anti diabetes dan anti inflamasi. Beberapa studi menunjukkan bahwa nutrisi ini bahkan dapat mengurangi kadar LDL (low density lipoprotein). Untuk menikmati kulit jeruk campurkan dengan cokelat panas atau sirup yang manis.


6.Kulit Bawang Bombay

    Kulit bawang bombay yang tipis dan berwarna kecokelatan ini mengandung banyak antioksidan yang lebih banyak dari bawang itu sendiri. Senyawa quercetin yang ada dalam bahan makanan ini dapat mengurangi tekanan darah dan mencegah plak pada arteri. Untuk mendapatkan khasiatnya, campurkan ke dalam sup dan jangan lupa angkat kulit ini saat sup ingin disajikan.

Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat

0 Response to " Jangan Di Buang Daun dan Kulit Memiliki Manfaat"