5 Manfaat Pembangunan Kawasan Industri

  BeritaKapan - Pembangunan kawasan industri sebagai pusat kegiatan industri pengolahan yang dilengkapi dengan sarana, prasarana, dan fasilitas penunjang lainnya yang disediakan dan dikelola oleh perusahaan.Kawasan industri merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menarik minat investor baik asing maupun lokal untuk menginvestasikan dananya melalui sektor industri. Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan konsumsi suatu produk/jasa yang semakin meningkat belakangan ini, sektor industri perlu mendapat tempat khusus melalui pembangunan kawasan industri.


(C) pixabay


   Berikut adalah manfaat yang dihasilkan dalam pembangunan kawasan industri seperti dikutip dari web ModernCikande mengenai dampak positif akan adanya pembangunan kawasan industri :


1. Terbukanya Peluang Lapangan Kerja Baru

Dengan pembangunan kawasan industri tentu penyerapan buruh/tenaga kerja baru akan bertambah seiring dengan kebutuhan perusahaan untuk mengisi kuota tenaga kerjanya guna memenuhi kebutuhan operasional perusahaan untuk menghasilkan produk dan juga jasa sesuai dengan lini industri yang ditekuni oleh perusahaan tersebut. 


2. Meningkatkan Aktivitas Ekspor

    Selain menarik minat investor asing untuk menginvestasikan dananya di Indonesia, pembangunan kawasan industri juga diperlukan untuk mengajak investor asing untuk membuka cabang dan mendirikan pabrik di Indonesia. Dengan begitu, aktivitas ekspor akan meningkat untuk memenuhi kebutuhan komoditi dalam dan juga luar negeri 

3. Memperbesar Peluang Usaha Baru

   Pendirian kawasan industri akan memberikan manfaat yang besar bagi kemajuan ekonomi suatu daerah dengan terbukanya peluang usaha baru. Sebagai contoh adalah sektor dagang. Warga yang tinggal di sekitar kawasan industri dapat membuka warung atau rumah makan untuk menyediakan makanan atau kebutuhan harian bagi para karyawan yang bekerja di sekitar kawasan industri.



4. Meningkatkan Indeks Pertumbuhan Ekonomi

   Indeks pertumbuhan ekonomi yang terjadi di kawasan industri dengan terbukanya peluang kerja dan peluang bisnis baru akan menghasilkan siklus perputaran uang dengan aktivitas konsumsi dan juga produksi yang dilakukan oleh warga sekitar dan tenaga kerja yang bekerja di kawasan industri tersebut. Selain itu, pembayaran pajak juga akan meningkat dimana salah satu devisa terbesar negara adalah melalui penerimaan pajak yang akan meningkatkan indeks pertumbuhan ekonomi.


5. Meningkatkan Arus Urbanisasi dan Pemerataan Penduduk

    Kawasan industri yang biasanya terletak di luar pusat kota dapat mengurangi ketergantungan penduduk untuk tinggal dan bekerja di pusat kota. Arus urbanisasi dan pemerataan penduduk akan berlangsung dengan baik dimana para tenaga kerja tak hanya berfokus di pusat kota karena daerah sekitar kawasan industri biasanya akan disewa atau dibeli untuk ditempati para tenaga kerja yang bekerja di kawasan industri untuk memudahkan mereka menjangkau tempat kerja. Tentu hal ini akan mengurangi kepadatan penduduk di kota dan membuat pemerataan penduduk terbagi ke beberapa wilayah.


     Manfaat yang diberikan dengan pembangunan kawasan industri bagi masyarakat dan juga pemerintah sebaiknya juga ditunjang dengan sarana, prasarana, dan infrastruktur lengkap yang harus disediakan oleh pengembang kawasan industri tersebut. Sebuah kawasan industri tentunya harus dikelola dengan baik dan memperhatikan prinsip kelestarian lingkungan yang berorientasi pada kesejahteraan masyarakat.

Oleh : Fersisilia Anggi

Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat

0 Response to "5 Manfaat Pembangunan Kawasan Industri"