8 Cara Alami Atasi Rambut Beruban Dengan Bunga Sepatu

   BeritaKapan - Menghitamkan Rambut Beruban di usia 30an lebih yang masih relatif muda,normalnya muncul si Rambut Putih ketika seseorang sudah lanjut usia. Hal tersebut Karena semakin tua fungsi tubuh akan semakin menurun.Tetapi kadang-kadang rambut yang memutih juga menjadi masalah bagi orang-orang yang masih terhitung muda.

Bunga Sepatu Menghitamkan Rambut Beruban

 (C) pixabay

     Rambut beruban di usia muda yang disebabkan karena berbagai hal, antara lain gangguan pada fungsi kelenjar tiroid, kekurangan vitamin B12, menopause dini, atau gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok. Pola makan tak seimbang, dengan konsumsi garam, daging, dengan produk olahan susu yang berlebihan juga bisa mengakibatkan uban prematur ini.Berikut ini terdapat 8 Cara Mengatasi Rambut Beruban seperti yang dikutip dari Boldsky.com.

Cara Alami Menghitamkan Rambut Beruban


1.Kelopak Bungan Sepatu Dapat Atasi Rambut Beruban

    Kelopak bunga sepatu dapat memberikan kilau alami pada rambut dan memperbaiki kondisi rambut yang rusak.Selain itu dapat mengembalikan warna rambut yang berubah karena uban.Untuk membuat bahan perawatan rambut dari bunga sepatu, panaskan sedikit minyak. Bisa minyak kelapa, zaitun, atau kemiri yang biasa Anda pakai untuk merawat rambut. 

    Dengan cara,Memasukkan beberapa lembar kelopak bunga sepatu pada minyak zaitun.Biarkan sampai kandungan dalam bunga meresap dan minyak berubah warna.Oleskan minyak ini ke kulit kepala dan pijat perlahan selama 30 menit agar meresap ke dalam kulit kepala. Setelah itu bilas dan cucilah rambut seperti biasa.Atau Anda bisa menghaluskan beberapa lembar kelopak bunga sepatu dan menggunakannya untuk cream bath. Jika dilakukan dengan rutin perawatan ini akan membuat rambut beruban Anda kembali hitam.

2.Susu dan Yogurth Dapat Atasi Rambut Beruban

  Gunakan susu pasteurisasi atau yogurt untuk masker rambut setidaknya seminggu sekali. Diamkan selama lima belas menit, kemudian bilas dengan air hangat. Tidak perlu dibersihkan dengan shampo. Lakukan perawatan ini secara rutin, paling tidak seminggu dua kali agar hasilnya maksimal.

3.Minyak Kelapa Dapat Atasi Rambut Beruban

  Minyak ini kaya akan kandungan vitamin E, vitamin K, dan zat besi yang baik untuk menstimulasi pertumbuhan dan regenerasi sel di batang rambut.Campurkan dengan sedikit air perasan lemon lalu oleskan pada batang rambut, dari pangkal hingga ujung rambut. Diamkan selama 10 menit sebelum dibilas dengan air bersih.Lakukan perawatan ini secara rutin, minimal tiga hari sekali untuk mendapatkan hasil maksimal.

4.Madu Dapat Atasi Rambut Beruban

    Madu memang banyak manfaat salah satunya untuk menghitamkan rambut beruban.Untuk mengembalikan warna rambut yang beruban ke kondisi semula, gunakan madu untuk cream bath. Anda bisa menambahkan sedikit perasan lemon untuk memperkuat fungsi antioksidan. Setelah keramas, oleskan madu di kulit kepala dan batang rambut, kemudian pijat lembut hingga benar-benar meresap. Diamkan selama setengah jam sebelum dibilas hingga bersih. Lakukan perawatan ini setidaknya seminggu sekali. Selain rambut beruban berkurang, Anda akan mendapati rambut jadi lebih sehat bercahaya.

5.Teh Hitam Dapat Atasi Rambut Beruban

   Teh hitam yang paling tinggi kandungan kafein-nya cocok untuk mengatasi rambut beruban. Kandungan pewarna alami dan antioksidan dalam teh hitam bisa dimanfaatkan untuk mewarnai rambut kelabu secara alami sekaligus menutrisinya.

   Anda bisa membilas rambut dengan larutan kopi setiap dua hari sekali untuk mengembalikan warna rambut yang memudar karena uban. Setelah rambut dibilas dengan teh hitam, pijat-pijat batang rambut, kemudian diamkan selama 30-60 menit agar cairan meresap ke batang rambut. Setelah itu bilas hingga bersih.

6.Bawang Merah Dapat Atasi Rambut Beruban

   Cairan pada bawang merah yang membuat mata terasa pedih itu ternyata ampuh untuk melawan kerontokan rambut dan uban. Selain itu dapat memberikan kilau sehat alami pada rambut, sebab bawang merah mengandung berbagai vitamin dan mineral yang penting untuk menjaga kesehatan rambut.

    Untuk mengatasi rambut yang beruban Anda bisa membuat masker rambut dari bawang merah. Caranya mudah saja. Anda tinggal menghaluskan segenggam bawang merah. Kemudian pakailah sebagai masker rambut. Oleskan dari pangkal hingga ujung rambut. Kemudian bungkus kepala dengan shower cap. Diamkan selama 20-30 menit. Setelah itu bilas hingga benar-benar bersih. Pastikan tidak ada luka di kulit kepala untuk menghindari iritasi akibat cairan bawang merah yang tajamLakukan perawatan ini minimal sebulan sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7.Daun Jambu Dapat Atasi Rambut Beruban

   Nutrisi dan antioksidan dalam daun jambu berguna untuk menjadikan rambut lebih lebat dan mencegah uban prematur.Untuk merawat rambut yang mulai beruban, haluskan segenggam daun jambu biji segar hingga menjadi pasta. Setelah itu gunakan untuk cream bath. Oleskan pada kulit kepala dan pijat-pijat lembut agar meresap hingga ke akar. Jangan lupa untuk mengoleskan juga ke batang rambut. Setelah didiamkan selama setengah jam, kemudian bilas rambut dan kulit kepala hingga bersih. Lakukan perawatan ini seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

8.Jahe Dapat Atasi Rambut Beruban

    Untuk mengatasi rambut beruban, buatlah campuran dari parutan jahe segar dan susu atau madu. Aduk hingga merata, sampai menjadi pasta kental. Pastikan komposisi parutan jahe lebih banyak daripada susu dan madunya. Kemudian usapkan campuran tadi ke batang rambut dan kulit kepala secara merata. Pijat lembut kulit kepala selama beberapa menit, kemudian diamkan hingga 3o menit. Setelah itu bilas dengan air bersih. Pastikan tidak ada luka di kulit kepala dan jangan menggaruk selagi memijat kepala untuk menghindari rasa perih.

Menghitamkan Rambut Beruban dengan bunga sepatu


   Ternyata semua bahan alami tersebut ada di alam bumi tanah air Indonesia.Dengan hal ini memanfaatkan Bunga Sepatu dengan cara alami yang baik tanpa merusaknya.Semoga dapat bermanfaat.

Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat