9 Penyebab dan Obat Sakit Gigi Ngilu

 BeritaKapan - 9 Penyebab dan Obat Sakit Gigi NgiluGigi Ngilu sering terdari pada khalayak umum dalam kehidupan kesehariannya.Penyebab gigi ngilu adalah akibat dari kebiasaan buruk yang hendak kita lakukan diantaranya terdapat rangsangan yang memicu rasa ngilu pada gigi sensitif bisa berupa makanan dan minuman yang dingin, panas, asam dan manis.Adapun biar anda terhindar dari gigi ngilu jauhi minuman kalengan yang ektrim atau bersoda.Berikut ini ada 9 Penyebab dan Obat Sakit Gigi Ngilu yang dirangkum dari berbagai sumber.

9 Penyebab dan Obat Sakit Gigi Ngilu
9 Penyebab dan Obat Sakit Gigi Ngilu

9 Penyebab dan Obat Sakit Gigi Ngilu


1.Gunakan Pasta Gigi Khusus Gigi Ngilu

    Pasta gigi khusus gigi ngilu yang banyak tersedia di toko atau pasaran. Guakanlah pasta gigi yang memang mengandung formula yang bisa menenangkan syaraf yang menyebabkan gigi anda ngilu.



2. Gunakan Pembersih Mulut (Mouthwash) 

     Untuk menjaga kesehatan gigi sensitif yang mudah ngilu,Gunakanlah mouthwash agar gigi anda terhindar oleh ngilu. Sebab ada zat aktif yang bisa berfungsi untuk mengusir kuman dan mengancurkan karang gigi yang menyebabkan gigi terasa ngilu.


3.Gunakanlah Sikat Gigi Yang Lembut 


    Hindari pemakaian sikat gigi yang kasar, cobalah berganti pada sikat gigi yang lembut. Sikat gigi yang keras dan kaku bisa mempercepat pengikisan pada email gigi. Rendamlah sikat gigi yang kamu pakai ke dalam air panas untuk melembutkan dan mengangkat kototran yang menempel pada sikat gigi.

4.Berkumur Dengan Air Garam

    Berkumur dengan air garam adalah salah satu cara yang populer dilakukan untuk mengatasi sakit gigi. Garam memang bersifat disinfektan dan bisa mencegah terjadinya infeksi pada gigi yang sakit. Campurkan garam dengan air hangat, kemudian berkumur-kumurlah. 


5.Hindarai Makan yang Panas dan Dingin 

   Jangan berpindah ke makanan yang terlalu dingin setelah memakan makanan yang terlalu panas, begitupun sebaliknya, karena ini akan menyebabkan rasa ngilu pada gigi sensitif. 

6. Jangan Makan Permen Karet

   Permen karet memang berfungsi untuk memutihkan gigi, namun terlalu sering mengunyah permen karet justru akan mengikis kekuatan gigi anda. Karena permen karet akan mengakibatkan penipisan pada dinding gigi, meskipun efeknya gigi anda terlihat lebih putih.

7.Kantung teh

   Kantung teh tak hanya bisa membantu menghilangkan mata panda, melainkan juga bisa meredakan sakit gigi. Caranya, hangatkan kantung teh pada air hangat selama beberapa saat, kemudian letakkan pada gusi yang bengkak atau berdarah. Asam tannic yang ada dalam teh akan meredakan peradangan pada gusi dan gigi, serta membantu menghilangkan rasa sakitnya.

8.Pijat gusi

   Memijat gusi dengan ujung jari bisa membantu Anda meredakan sakit gigi. Memijat gusi akan memperlancar aliran darah pada daerah yang sakit. Namun sebaiknya cara ini dihindari dan tidak dilakukan jika sakit gigi disertai dengan pembengkakan pada gusi.


9.Konsultasi Ke Dokter



    Konsultasi ke dokter adalah cara ter baik yang harus segera anda lakukan jika masih terasa ngilu.


    Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan di rumah untuk meredakan sakit gigi atau ngilu. Meski begitu,jangan abaikan gigi atau gusi yang sering sakit. Segera periksakan ke dokter untuk mengetahui masalah apa yang ada pada gigi, gusi, atau mulut Anda.

Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat

Contact Form

Name

Email *

Message *