Daftar Makanan Kesehatan Untuk Ibu Hamil Muda

   BeritaKapan - Makanan Ibu Hamil Muda sangat perlu dengan berbagai macam Makanan Sehat untuk menunjang perkembangan si buah hati dalam janin.Seorang ibu yang juga penting memperhatikan kandungannya, pasti juga mengatur apa saja pola makan yang dia konsumsi. Karena apa yang ibu buat saat hamil maka hasilnya akan terjadi pada anak yang lahir nantinya.

(C) Thinkphotosock


     Ibu hamil muda alangkah baiknya untuk mengkonsumsi beberapa makanan sehat yang berupa seperti sayur-sayuran, daging, buah-buahan, kacang-kacangan, telur dan susu, terutama susu dengan formula khusus untuk ibu hamil.Selama masa kehamilan, nutrisi yang Ibu konsumsi dapat membantu mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin. Jadi berikan nutrisi yang terbaik dengan memperhatikan asupan nutrisi selam masa kehamilan.Berikut ini ada beberapa nutrisi penting dari Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil seperti yang dilansir oleh HealthLine.com.

Makanan Kesehatan Untuk Ibu Hamil Muda


1.Protein

    Ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang kaya akan proteinnya berupa seperti sayur-sayuran, daging, buah-buahan, kacang-kacangan, telur dan susu, terutama susu dengan formula khusus untuk ibu hamil.

2.Vitamin dan Mineral

     Sayuran yang berdaun hijau lain yang mengandung banyak serat dan dengan vitamin dan nutrisi, termasuk vitamin A, C, dan K, serta folat yang sangat penting. Mutivitamin seperti Vitamin C membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh ibu dan anak. Sumber penting dari vitamin C adalah buah sitrus, brokoli, kembang kol, pepaya, paprika hijau dan tomat. Vitamin A juga sama pentingnya seperti Wortel, ubi jalar, bayam, lobak, aprikot dan labu air yang mengandung banyak vitamin A.


3.Ikan Salmon

    Tidak hanya karena salmon dipenuhi dengan protein kualitas tinggi, tapi salmon juga merupakan sumber omega-3 lemak. Kandungan gizi pada salmon ini bagus untuk ibu hamil, selain juga ikan ini memiliki jumlah merkury yang lebih rendah. Bahaya ikan lainnya bagi ibu hamil adalah kandungan merkury yang tinggi, dimana bisa berbahaya dalam proses pengembangan system saraf bayi. Namun ingat, jangan makan salmon terlalu banyak, setidaknya dengan batas 12 ons per minggu untuk mengurangi bahaya merkuri itu.

  •  Beberapa Makanan Yang Harus Dihindari Selama Ibu Sedang Hamil


     Kondisi janin dan ibu hamil sangat ditentukan oleh makanan yang dikonsumsi, untuk itu sebaiknya ibu hamil menghindari makanan tertentu yang berdampak kurang baik pada janin.
  1. Hindari makanan yang mengandung bahan pengawet dan zat aditif atau zat tambahan pangan. Karena makanan ini dikhawatirkan dapat membahayakan bagi janin Anda.
  2. Kurangi makanan yang berkalori tinggi yang hanya mengandung gula, lemak, dan kurang mengandung zat gizi lainnya seperti makanan siap saji, minuman bersoda dan goreng-gorengan, karena dapat memicu terjadinya obesitas atau kegemukan berlebih pada ibu hamil.
  3. Sebaiknya tidak mengkonsumsi kafein berlebihan karena kafein yang banyak terkandung di dalam kopi dan cokelat dapat meningkatkan tekanan darah dan membahayakan kesehatan ibu hamil serta janinnya.
  4. Apabila terpaksa harus mengkonsumsi makanan kemasan, maka label dan masa berlaku harus diperhatikan dengan baik
  5. Masaklah makanan dengan baik, terutama pada saat mengolah daging karena kemungkinan masih mengandung kuman
  6. Sebaiknya ibu hamil menghindari lingkungan yang berpolusi, dan menjauhi asap rokok
  7. Sang ibu yang memiliki kebiasaan merokok atau meminum minuman beralkohol harus menghentikan kebiasaannya selama masa kehamilan karena sangat berbahaya bagi janin
  8. Hindari penggunaan obat-obatan tanpa pengawasan dokter.

Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat