Tips Agar Tubuh Tetap Fit Selama Berpuasa

   BeritaKapan - Alhamdulillah sudah hari pertama berpuasa di bulan suci Ramadhan telah tiba.Baru beberapa jam sebelumnya kita telah melaksanakan sahur pertama ya Ledies,tips sehatnya setelah makan sahur jangan tidur lagi walaupun masih mengantuk.Selain itu juga kita hendak berpuasa seharian, tidak lantas malas-malasan membuat Anda lesu dan lemas sehingga tidak produktif.Untuk itu dengan hal ini dikutip dari islamiquemagazine.com ada beberapa Tips Agar Tubuh Tetap Fit Selama Berpuasa penting sekali untuk menjaga tubuh Anda agar tetap fit dan sehat agar dapat beribadah dengan maksimal di bulan suci ini.



(C) Remaja Tadarus Republika.co.id

1.Minum Air Yang Cukup


    Minum air 8 gelas sehari itu sangatlah penting untuk cairan tubuh.Buatlah kebiasaan untuk meminum air saat berbuka, setelah berbuka, setelah tarawih, dan saat sahur agar mudah dalam memenuhi kebutuhan cairan. Tidak harus melulu air putih, teh, jus buah segar juga baik untuk dikonsumsi.


2.Batasi Gula dan Garam


   Kadar pemanis gula buatan akan menyebabkan tubuh cepat haus.Cobalah untuk mengurangi garam dan gula pada makanan atau minuman yang Anda konsumsi. Kue, keripik, soda,minuman dalam kemasan, dan makanan kaleng sebaiknya mulai Anda kurangi konsumsinya karena mengandung garam atau gula yang cukup tinggi. Konsumsi garam dan gula yang terlalu banyak akan membuat otak tidak optimal, retensi air dalam tubuh, mudah haus, dan bau mulut.


3.Makan Pelan-pelan saja


   Sesuai sunah rasul ketika berbuka maupun makan sahur hendaknya kita mengunyah makanan secara perlahan hingga lumat terlebih dahulu dimulut.Mengunyah makanan dengan baik akan dapat membantu mengontrol nafsu makan. Enzim pencernaan juga memiliki waktu lebih lama untuk melakukan pekerjaannya memecah makanan.Makan terburu-buru membuat Anda tidak cepat kenyang sehingga harus makan dalam jumlah besar. Selain itu, Anda juga beresiko terkena gangguan pencernaan dan perut ber-gas.


4.Selalu Menjaga Kebersihan Mulut


    Menjaga Kebersihan gigi dan mulut memang sangat penting juga pastinya harus bersih dengan baik. Selain menggosok gigi, Anda juga perlu pengguna pembersih lidah (tongue cleaner). Membersihkan lidah akan menjaga kesehatan gigi dan gusi Anda. Mulut ini ibaratnya portal untuk kesehatan tubuh Anda. Ketika mulut dan gigi sudah sehat, sistem pencernaan Anda juga akan terjaga kesehatannya.


5.Melakukan Kegiatan Yang Baik


    Bulan puasa bukan berarti kita hanya bisa bermalas-malasan. Rasa lapar dan haus memang akan kita rasakan. Tapi itu bukanlah penghalang. Anda bisa coba melakukan dan menjadwalkan sejumlah kegiatan menyenangkan bersama keluarga atau sahabat-sahabat Anda. Saat Anda bisa merasa senang, produksi hormon "kebahagiaan" juga meningkat.Ketika Anda merasa bahagia, produksi hormon serotonin bisa meningkat. Anda pun tidak akan gampang stres dan berpuasa akan terasa lebih ringan. Jadi, tetap sehat dan bugar selama bulan Ramadan ya? Jadikan bulan Ramadan ini penuh hikmah dan berkah.


   Itulah diantara beberapa Tips Agar Tubuh Tetap Fit Selama Berpuasa ,yang sangat penting untuk tubuh agar tetap memiliki pola makan yang sehat selama berpuasa agar badan tetap fit dan aktivitas tetap berjalan lancar.Niat puasa Anda juga harus benar-benar diniatkan untuk ibadah. Dengan begitu tubuh Anda akan terkondisi dengan sendirinya untuk berpuasa dan menjaga kestabilan tubuh Anda dengan baik. Selamat berpuasa.

Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat