Cara Mencegah Penyakit Ebola

   BeritaKapan - Penyakit atau Virus Ebola, merupakan sebuah penyakit baru namun mematikan di dunia saat ini. Wabah virus ebola yang bersifat mematikan berasal dari Afrika ini telah menyebar hingga ke seluruh penjuru dunia. Ebola menjadi virus yang sangat mengerikan sebab hampir semua penderitanya tidak memiliki harapan hidup lagi, nauzubila. 


© pixabay

   Bahayanya virus Ebola yang sangat menakutkan, virus ini cepat berkembangbiak dan dapat menyerang ke  seluruh fungsi peredaran darah. Virus ini dapat menggumpalkan sel darah, sehingga menghambat aliran darah menuju organ lain. Jika organ tubuh kekurangan darah, maka organ akan rusak. Setelah menyerang darah, virus ebola juga menyerang organ lain, seperti ginjal, otak, usus, hati dan sebagainya. Seringkali pasien ebola meninggal karena gagal ginjal. Seperti yang dilansir dalam laman BBCNews, WHO badan kesehatan dunia menjelaskan bahwa, makin banyaknya kasus wabah ebola di Afrika Barat di tahun 2014 menimbulkan kecemasan dunia. Virus ebola menyerang sistem pertahanan tubuh yang sama dengan virus HIV.

Gejala Virus Ebola



   Beberapa gejala umum yang diawali yang mirip gejala flu seperti demam tinggi, tubuh lemas, nyeri otot dan sakit kepala membuat penderita ebola sudah dalam kondisi mengkhawatirkan ketika dibawa ke rumah sakit.

Cara mencegah virus ebola


  • Pentingnya Mencuci Tangan


   Mencuci tangan adalah cara yang paling sederhana untuk mencegah masuknya virus ke dalam tubuh Anda. Agar proses pembersihan lebih maksimal, gunakan cairan pembersih tangan khusus.
  • Menutup Luka


   Luka yang terbuka bisa dengan mudahnya terpapar virus dari luar termasuk virus Ebola. Oleh karena itu jika Anda memiliki luka, segera tutup luka tersebut dengan perban.
  • Hindari Daging Tidak Layak Konsumsi


   Virus ebola dapat menular dengan cepat lewat daging merah dan jenis daging lainnya yang berkualitas buruk. Sehingga jika Anda tidak yakin dengan kualitas daging yang Anda konsumsi, maka sebaiknya jangan mengonsumsinya. Pilihlah daging segar yang layak konsumsi .
  • Bahayanya Dading Babi


  Daging Babi yang tidak layak konsumsi atau sudah berhari-hari ada di penjualan daging sumber terbesar tumbuhnya virus ebola. Sehingga jika Anda mengonsumsi daging ini sangat berbahaya, maka dari itu bagi muslim pun tidak halal mengkonsumsinya, sebaiknya pastikan bahwa daging yang Anda konsumsi bersih dan baik kualitasnya.
  • Peran Masker dan Sarung Tangan


   Selain menggunakan masker, Anda juga bisa mengenakan sarung tangan untuk mencegah masuknya virus ebola di dalam tubuh. Kenakan sarung tangan terutama jika Anda berada di sekitar pasien ebola.
  • Hindari Travelling ke Negara Sarangnya Virus Ebola


   Menghindari untuk bepergian ke negara yang terserang atau menjadi asal tumbuhnya virus ebola juga merupakan cara terbaik agar Anda terhindar dari virus ini. Jika Anda baru saja mengunjungi negara tersebut, lebih baik jalani masa karantina terlebih dahulu.
  • Hindari Menyentuh Sarana Umum


    Beberapa sarana umum seperti tangga, pintu lift, atau alat bermain di taman umum bisa menjadi tempat berkumpulnya virus. Sehingga jika Anda tidak yakin dengan kebersihan sarana tersebut, sebaiknya jangan menyentuhnya.



    Cara Mencegah Penyakit Ebola adalah cara yang paling baik dari pada mengobati. Terapkan tips sehat di atas agar Anda dapat terhindar dari virus mengerikan ini.

Subscribe to receive free email updates: