Cara Merawat Baju Batik Yang Benar

   BeritaKapan - Cara merawat baju batik - Bagi anda yang memiliki baju batik asli buatan Indonesia ada tips untuk merawatnya agar warna dan bahan tidak mudah luntur.Baju batk yang cantik sangat di sayangkan jika luntur.Tak hanya orang Indonesia saja penggemar batik pun orang luar negeri ikut serta mencintai batik sebagai warisan nenek moyang yang di buat sejak dulu oleh bangsa Indonesia hampir saja diklaim negara lain jika tidak terus dilestarikan.



    Memakai busana batik bukan merupakan style yang jadul bahkan salah satu fashion yang antik yang memiliki nilai budaya yang tinggi.Meskipun batik telah menjadi trend di berbagai kalangan, tak banyak orang yang tahu bagaimana merawat pakaian dari bahan batik agar tidak luntur dan tahan lama.Nah kami temukan tips untuk anda bagaimana merawat baju batik dalam jangka waktu panjang.

Cara Merawat Baju Batik Yang Benar


1.Pisahkan warna saat mencuci baju

    Warna cantiknya batik akan pudar bila di rendam dengan warna yang lainnya.Untuk itu pisahkan saja baju yang berbahan batik.Hal ini disebabkan warna dari tinta batik akan mudah luntur saat pertama pencucian.Akibat dari penyatuan dalam cucian adalah warna dari pakaian akan luntur, saat selesai dicuci pun tidak akan bagus seperti awal membeli.

2.Hindari menyikat baju batik

    Baju batik bila kotor sebaiknya jangan di sikat kasar cukup mengucek saja.Akan tetapi apabila pakaian batik anda sangat kotor atau bahkan terkena noda yang sulit di bersihkan,anda dapat merendamnya selama 15 menit tanpa mencampurkan warna seperti point pertama.Serat kain batik pada umumnya mudah rusak, untuk itu anda harus berhati-hati saat mengucek dan membilas batik kesayangan anda. 

3.Hindari merendam terlalu lama

   Cukup 15 menit saja yang di butuhkan untuk merendam baju batik.Pemakaian deterjen yang terlalu banyak juga tidak diperbolehkan, anda gunakan deterjen satu sedok makan saja, selain menghemat biaya. Warna dari batik tidak akan cepat luntur.

4.Jemur dengan kondisi terbalik

    Mengapa demikian ? Jika anda menjemur kain batik tanpa membalikannya, kemungkinan besar warna akan cepat luntur.Sinar matahari yang cukup menyengat mampu melunturkan keindahan warna pakaian batik anda.Biarkan saja bagian dalam pakaian batik yang terkena sinar matahari itu kondisi terbalik.Selain itu juga untuk menghindari kelunturan dalam jangka panjang dan pakaian batik cepat kering.

5.Hindari ketika menyetrika dalam kondisi terlalu panas

    Ketika hendak menyetrika baju sebaiknya anda mengatur suhu setrikaan yang tidak terlalu panas.Dengan hal ini berguna untuk menjaga kualitas batik anda.


    Nah itulah diantara Cara Merawat Baju Batik yang benar.Selamat mencoba dan semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: