Manfaat Penting Rumput Laut Bagi Kesehatan

   BeritaKapan - Nikmatnya rumput laut di dalam es campur biasanya dapat memberikan kesegaran bagi tubuh kita. Di sisi kesehatan rumput laut ternyata dengan memiliki manfaat luar biasa, seperti dapat memperlancar sistem pencernaan sampai dapat menyembuhkan beberapa penyakit bahaya yakni kanker. Beberapa olahan dari rumput laut seperti agar-agar sudah umum, apalagi jika di campur dengan semangkuk es buah yang manis lagi segar rasanya.



   Rumput laut merupakan salah satu jenis dari makanan laut yang sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Semua jenis rumput laut mulai dari Dulse, Bladderwrack, Kombu, Sea Lettuce, hingga Nori dikenal kaya akan protein yang baik untuk peningkatan kualitas kesehatan tubuh. Rumput laut dengan memiliki yang kenyal dan lezat, rumput laut dikenal sebagai bahan makanan kaya nutrisi. Berikut ini beberapa manfaat penting rumut laut bagi kesehatan seperti yang di lansir Magforwomen.

Manfaat Penting Rumput Laut Bagi Kesehatan


1.Kaya Vitamin dan Serat

    Tahukah anda ternyata rumput laut kaya akan serat pangan yang dapat mengendalikan berat badan anda.Rumput laut dikenal sebagai makanan sehat karena mengandung vitamin A, vitamin B 12, kalsium, zat besi, kalium, dan yodium. Bahkan kandungan kalsium yang ada di dalam rumput laut lebih banyak daripada kandungan kalsium di dalam daging sapi, brokoli, dan susu.

    Selain itu, efek kenyang yang lama yang diberikannya juga baik untku anda yang sedang menjalani diet. Kandungan yodium di dalam rumput laut juga mampu menjaga kesehatan kelenjar tiroid tubuh Anda. Kelenjar tiroid tersebut mampu mengatur metabolisme tubuh sehingga berat badan tetap seimbang. Terlebih lagi mineral yang ada di dalam rumput laut mampu menghancurkan sel-sel lemak di dalam tubuh. 

2.Menjaga Kesehatan Jantung dan Daya Tahan Tubuh

   Rumput laut memberikan stimulan untuk menjaga daya tahan tubuh dan bekerja dengan cara memperbanyak produksi antibodi, cytokines, dan sel lain yang berguna untuk meningkatkan daya imunitas. Kandungan lain bernama Folat dalam rumput laut juga dapat mencegah penumpukan homosistein untuk menghindari penyakit jantung. Rumput laut juga mengandung banyak protein yang akan membuat perut kenyang lebih lama, sehingga sangat baik pula untuk dikonsumsi saat sedang diet.

3.Meningkatkan Kesuburan

   Rumput laut mengandung banyak nutrisi penting, tanaman ini juga sangat baik mendukung kesuburan wanita dan pria. Unsur penting seperti yodium, seng, selenium dan magnesium yang tinggi dalam rumput laut dapat meningkatkan tingkat kesuburan.

4.Mengobati Penyakit Kulit

   Rumput laut juga merupakan sumber yang kaya vitamin B1, B2, B3, B6 dan B12, yang membantu dalam mengurangi peradangan dan melindungi permukaan kulit. Tidak heran bila banyak produk perawatan tubuh dan kulit yang menjadikan rumput laut sebagai bahan utama. Bahkan rumput laut bisa mengobati meringankan alergi kulit sensitif, eksim dan berbagai penyakit kulit seperti rocasea.

5.Menyembuhkan Kanker

  Tanaman laut ini juga mengandung senyawa bernama fucoidans, yang telah secara klinis terbukti sebagai pembunuh sel kanker tanpa membunuh sel tubuh yang normal dan sehat. Selain itu, polisakarida dan fucoidans dapat membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh. Rumput laut mengandung zat anti oksidan alami yang disebut dengan lignan. Senyawa ini dikenal mampu memperlambat pertumbuhan tumor. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa kandungan asam folat yang tinggi di dalam rumput laut mampu mencegah kanker usus besar.

6.Penangkal Racun

   Rumput laut cocok dikonsumsi bagi Anda yang sering terpapar racun dan polusi dari dalam tubuh. Hal ini karena di dalam rumput laut terdapat kandungan klorofil yang membantu tubuh untuk melakukan detos secara alami. Kandungan vitamin C yang terdapat dalam rumput laut baik untuk kesehatan gigi, gusi, dan baik untuk penyembuhan luka. Rumput laut terbukti dapat meningkatkan pembentukan sel darah merah, hal ini diyakini karena kandungan zat besi yang tinggi di dalamnya.



  Itulah diantara ke enam Manfaat Penting Rumput Laut Bagi Kesehatan . Ada begitu banyak manfaat yang ada di dalam rumput laut untuk kesehatan Anda. Jadi jangan ragu untuk mengonsumsi rumput laut atau makanan yang mengandung rumput laut. Selain itu, phytoesterogen dalam rumput laut juga membantu meminimalkan kemungkinan kanker payudara dengan menghalangi pembentukan estrogen berlebihan.

Subscribe to receive free email updates: