Nutrisi Makanan Untuk Ibu Hamil dan ASI

   BeritaKapan - Makanan Ibu Hamil dan ASI . Bagi anda atau ibu yang sedang berbadan dua sebaiknya untuk memerhatikan nutrisi dan mengatur pola makan yang sehat demi kelangsungan kesehatan sang ibu dan bayi yang ada di dalam kandungan.Selain ibu yang sedang hamil,ada beberapa makanan yang mengandung nutrisi penting yang sangat baik manfaatnya bagi ibu yang sedang menyusui.Hal ini sangat di anjurkan oleh para ahli agar produksi air ASI menjadi bernutrisi dan sehat.

(C) pixabay

     Nutrisi atau makanan untuk Ibu menyusui sangat penting untuk mengetahui kualitas ASI sebagai cairan nutrisi yang sehat bagi bayi.Sang buah hati sangat membutuhkan nutrisi atau makanan yang di butuhkan untuk kelangsungannya dari makanan yang ibu hendak makan.Menurut pakar kesehatan para ibu di sarankan agar mengatur pola makan yang sehat serta memerhatikan kesehatan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.


    Berikut adalah diantara beberapa makanan yang sehat serta wajib bagi ibu hamil dan menyusui seperti yang yang di lansir oleh fimela. Tubuh Ibu dan bayi akan selalu sehat dan bugar bila anda rutin mengonsumsi makanan-makanan di bawah ini.

Nutrisi Makanan Untuk Ibu Hamil dan ASI


1.Ikan Salmon

     Ikan salmon suatu makanan yang kaya nutrisi yang baik bagi Ibu menyusui kandungannya seperti HA sangat penting untuk perkembangan sistem saraf bayi Anda.

2.Susu rendah lemak

    Biar tidak gemuk lagi setelah melahirkan anda perlu mengkonsumsi susu rendah lemak agar nutrisi tetap terjaga.Seperti diantaranya adalah Yoghurt, susu, atau keju, yang manapun anda sukai tidak masalah, produk susu adalah bagian penting dari menyusui sehat. Selain menyediakan protein, vitamin B, dan vitamin D, produk susu adalah salah satu sumber kalsium terbaik.

3.Beras merah

    Makanlah jenis karbohidrat yang sehat seperti beras coklat / beras merah atau roti gandum untuk menjaga tingkat energi anda.

4.Sayuran berwarna hijau

   Banyak manfaat yang di ambil dari sayuran berwarna hijau seperti bayam, kangkung dan brokoli. Mereka sangat kaya dengan vitamin A, yang perlu bayi dapatkan dari ASI. Sayuran juga merupakan sumber kalsium non susu, vitamin C, zat besi, antioksidan dan rendah kalori.

5.Telur

     Telur kaya akan protein dan bila anda rajin mengkonsumsi kuning telur adalah salah satu sumber alami vitamin D ,sebagai nutrisi penting untuk menjaga tulang Anda kuat dan membantu tulang bayi Anda tumbuh.

6.Jeruk 

   Nutrisi yang di ambil dari Jeruk adalah vitamin c.Hal ini sangat di butuhkan agar nutrisi ibu dan ASI bayi tetap terpenuhi sebapnjang hari.

7.Bluberry

    Tahukah anda buah bluberry sangat baik untuk ibu yang sedang menyusui.Hal ini karena kandungan bluberry kaya akan antioksidan, adalah pilihan yang sangat baik untuk membantu Anda memenuhi kebutuhan Anda.

8.Kacang-kacangan

    Sejenis kacang-kacangan sangat penting untuk mendulang nutrisi sehat seperti kacang hitam dan kacang merah, adalah makanan untuk ibu menyusui yang sangat bermanfaat.

9.Sereal

    Makanan sereal yang sehat dengan sereal gandum mampu membantu memberikan energi yang dibutuhkan setelah malam-malam panjang bergadang menjaga bayi. Tambahkan susu rendah lemak dan buah-buahan ke dalam sereal untuk melengkapi kebutuhan nutrisi.

10.Air

     Untuk menjaga tingkat energi dan produksi ASI, pastikan kamu tetap terhidrasi dengan baik. Bagi ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi lebih dari 8 gelas air putih per hari.

11.Daging sapi tanpa lemak

    Anda perlu makan protein tambahan dan vitamin B-12. Daging sapi tanpa lemak merupakan sumber yang sangat baik untuk keduanya.

12.Asam folat

    Asam folat sangat penting untuk perkembangan bayi Anda pada tahap awal kehamilan. Selain itu, asam folat juga penting bagi bayi. Pastikan dalam ASI Anda mengandung cukup asam folat. Salah satu sumber terbaik dari asam folat adalah roti gandum, yang juga dapat menyumbangkan kebutuhan serat dan zat besi Anda.

Subscribe to receive free email updates: