Cara Menghilangkan Bau Amis Ikan

    BeritaKapan - Cara Menghilangkan Bau Amis Ikan . Ikan menjadi salah satu bahan makanan bisa di jadikan lauk dapat juga di sajikan dengan makanan nasi beserta kawan-kawan. Sebelum anda memasang ikan pastikan mengolah dan mengenali jenis ikan yang segar agar layak di konsumsi. Pasti segala kondisi ikan yang masih segar masih memiliki bau amis yang cukup kuat. Sehingga dalam pengolahannya harus menghilangkan bau amisnya terlebih dahulu. Namun sayangnya terkadang bau amis pada ikan sangat mengganggu. Oleh karena itu mari kita bersihkan dengan cara sederhana yang dapat menghilangkan bau amis pada ikan.



©pixabay

    Ikan merupakan sumber makanan super untuk melawan efek penuaan (anti-aging superfood). Selain kandungan proteinnya yang tinggi, ikan juga mengandung lemak baik yang mampu menurunkan kolesterol dalam darah dan membantu meningkatkan kesehatan tubuh. Ikan mengandung asam lemak Omega 3 yang membantu menjaga kesehatan organ jantung dan membuat mood tetap baik. Ikan telah terbukti merupakan makanan penting bagi orang yang memiliki usia yang panjang.

Cara Menghilangkan Bau Amis Ikan


  1. Untuk seekor ikan utuh hingga ke sela-selanya, potong kepalanya dan ambil kotoran yang ada di bagian depan. Belah dan ambil garis berwarna hitam di bagian tersebut. Bagian tersebut merupakan sumber dari amisnya ikan.
  2. Hilangkan dan bersihkan bagian hitam-hitam tersebut termasuk bagian dalam ikan.
  3. Gunakan air yang telah dicampur dengan garam. Cuci bersih ikan sampai ke bagian dalamnya.
  4. Keringkan ikan dengan tisu dapur hingga kering.
  5. Cuci pisau yang akan digunakan untuk memotong ikan dengan air garam.
  6. Taburi ikan dengan garam di kedua sisinya. 
  7. Diamkan selama kurang lebih 10 menit. Saat minyak dari ikan tersebut keluar, serap dengan menggunakan tisu dapur. Minyak ikan ini juga merupakan penyebab dari amisnya ikan.
  8. Selain itu Anda juga bisa mencoba untuk menyiramkan air jeruk nipis di atas ikan. Setelah itu bumbui dan masak sesuai dengan keinginan Anda.

Cara Menghilangkan Bau Amis Ikan Di tangan


    Selain jahe, pasta gigi juga dapat digunakan dengan melumurkannya di tangan kemudian di bilas. Selain itu juga, asam jawa juga dapat digunakan. Air asam jawa pekat harus dicampur dengan ikan. Kemudian direndam sekitar satu jam. Kemudian barulah dicuci dengan air biasa.

Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat