Manfaat Yoga Untuk Hidup Sehat

  BeritaKapan -  Manfaat Yoga Untuk Hidup Sehat . Yoga merupakan salah satu kegiatan olahraga ringan didalam maupun di luar ruangan. Yoga telah diwariskan sejak dulu sampai sekarang dan sangat bermanfaat untuk mengatasi semua masalah seperti stres dan merasa tertekan. Intinya selain menyehatkan dan dapat membuat anda lebih rilex. Yoga memang memiliki banyak jenisnya dan banyak cara dan gerakan yang bisa dibedakan, salah satunya adalah yoga Shanti, Yoga Outer, dan yoga batin .


© pixabay

   Dengan melakukan Yoga dapat menenangkan semua aspek tubuh dan juga mental manusia. Stretching tubuh, pernafasan semuanya akan menjadi tenang dan pelan. Semua rasa stres yang didapat akibat tekanan yang terjadi secara pelan-pelan juga akan menghilang. Prinsip dari yoga ini adalah melakukan penyegaran dan juga membuat tubuh serta pikiran bekerja lebih lambat dan tidak terburu-buru. Hal lain mengapa yoga sangat penting bagi Anda adalah yoga membuat tubuh yang kaku dan pegal karena terlalu banyak duduk di depan meja kerja menjadi lebih rileks. Selain itu postur-postur yoga akan memperkuat otot-otot dan organ vital Anda.Yoga ternyata juga memperbaiki postur tubuh Anda. Terlalu banyak duduk ternyata juga dapat mempengaruhi postur tubuh. 

Manfaat Yoga Untuk Hidup Sehat


1. Mencegah penyakit

   Tahukah anda kegiatan yoga dapat mencegah berbagai penyakit? Hal demikian, Anda akan membersihkan diri, atau detoks tubuh dengan cara mengatur pernapasan. Hal ini bisa mengeluarkan racun dan memberi asupan oksigen lebih banyak pada tubuh sehingga organ di dalam tubuh bekerja lebih baik mencegah penyakit.

2. Melancarkan Peredaran Darah

    Selain memperlancar saluran oksigen masuk lebih banyak dan melancarkan peredaran darah..Yoga juga sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh, karena beberapa gerakan memberikan kesempatan pada tubuh untuk rileks dan memproduksi hormon endorphin lebih banyak yang dapat memperkuat sistem imun Anda. 

3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

    Yoga adalah olahraga yang tidak diragukan lagi dalam menjaga jantung dan paru-paru karena Anda akan banyak melakukan teknik pernapasan untuk merilekskan tubuh. Melakukan latihan yoga juga sekaligus menjauhkan Anda dari penyakit kardiovaskuler dan menurunkan tekanan darah tinggi. 

4. Menjaga Kebugaran tubuh

   Yoga memiliki banyak gerakan yang menuntut Anda memiliki keluwesan tubuh dan fleksibilitas tinggi, sehingga postur tubuh lebih baik. Anda jadi menggerakkan tubuh lebih banyak dan menggunakan otot-otot yang jarang terpakai. Ini akan melancarkan peredaran darah karena Anda banyak melakukan peregangan otot dan sendi.

5. Mengurangi stress dan meningkatkan fungsi kognitif

   Jika Anda melakukan latihan yoga, secara otomatis juga akan memberikan manfaat terhadap kestabilan emosi. Anda akan diajari menahan kesabaran dengan teknik pernapasan dan lain sebagainya. Hal ini akan menenangkan pikiran secara mental dan emosional.

Manfaat Yoga Shanti yoga outer, yoga batin


  
  1. Yoga Outer merupakan gerakan fisik dan pose yang dilakukan bertujuan untuk memperkuat tubuh, pemanasan, meningkatkan fleksibilitas, dan membuat Anda lentur dan lebih lincah.
  2. Yoga batin, adalah gerakan dengan pose yoga yang mengarah pada proses penyembuhan dan penguatan organ atau jaringan yin Anda dengan melepaskan, menyebarkan dan mengatur aliran Prana atau bagian area dada yang nantinya berpengaruh pada seluruh tubuh Anda.
  3. Yoga integral, merupakan gerakan yoga menyelaraskan dan menyeimbangkan jiwa, serta menemukan hubungan antara pikiran dan tubuh Anda. 
  4. Manfaat yoga Shanti dapat meningkatkan pola tidur tidak teratur, mengurangi nyeri otot, memberikan ketenangan mental, mengurangi tingkat tekanan darah tinggi, mengurangi derita masalah sendi, arthritis dan rehabilitasi untuk pikiran.

Subscribe to receive free email updates: