Mengobati Nyeri Haid Di Bagian Perut

   BeritaKapan - Mengobati Nyeri Haid menjadi masalah utama bagi serang wanita ketika kedatangan tamu di bulan favoritenya. Sakit atau nyeri menstruasi adalah hal yang normal menjelang dan saat menstruasi. Perubahan hormon selama mengalami masa menstruasi dan peluruhan sel telur yang terjadi pada dinding rahim mau tidak mau akan menimbulkan rasa nyeri.



  Nyeri di bagian perut ketika menstruasi sering menjadi masalah bagi banyak wanita. Kadang nyeri ini terasa biasa saja dan tidak mengganggu aktivitas. Namun kadang, nyeri ini terasa luar biasa dan membuat wanita hanya bisa menahan nyeri serta tidak fokus melakukan aktivitas sehari-hari.

Mengobati Nyeri Haid Di Bagian Perut


1. Kompres Bagian Perut Dengan Air Hangat

   Kompreslah bagian yang terasa nyeri dengan air hangat, bisa menggunakan kantong kompres yang sudah diisi air hangat atau dengan kompres kain atau anduk sejenisnya. Lakukaanlah dengan secara kompres perlahan hingga perut terasa lebih nyaman. Rasa hangat yang di terapkan pada perut akan membuat otot-otot lebih rileks. Hal ini dapat mengurangi rasa nyeri haid anda.

2. Berbaringlah Dengan Rileks

    Untuk mengurangi rasa nyeri karena haid berbaringlah dengan rileks agar tubuh anda merasa nyaman dan punggung tidak terasa nyeri selama menstruasi, berbaringlah dengan posisi kepala lebih tinggi. Membaringkan tubuh akan meringankan gejala nyeri, baik yang terasa di punggung ataupun di perut bagian bawah.

3. Jangan Makan dan Minum Bikin Perut Kembung

    Selama menstruasi, ada baiknya Anda mengindari makanan atau minuman yang dapat membuat rasa kembung. Ada beberapa hal yang perlu anda hindari Ledies, seperti halnya kopi, kol, bunga kol, brokoli dan makanan lain yang dapat membuat perut kembung. Rasa kembung dan sebab akan membuat nyeri menstruasi semakin parah.

4. Lakukan Senam Haid

    Maka lakukan aktivitas gerak ringan yang dapat membuat tubuh terasa lebih nyaman, salah satunya adalah senam haid. Senam haid ini akan membuat otot perut rileks. Carilah tutorial yang banyak terdapat di Youtube.com.

5. Konsumsi Air dan Makanan Sehat

    Selama menstruasi, perbanyak konsumsi makanan sehat dan minum cukup air. Hindari dulu makanan yang mengandung garam, karena tubuh lebih mudah mengikat air jika banyak mengonsumsi makanan yang mengandung garam, sehingga tubuh makin terasa sesak dan berat.


   Itulah beberapa tips Mengobati Nyeri Haid Di Bagian Perut yang bisa Anda coba. Semoga bisa membantu meringankan nyeri menstruasi.

Jangan Lupa Share Ya