Cara Memasak Daging Agar Empuk

   BeritaKapan - Memasak daging sapi atau kambing agar empuk tidak alot hanya sederhana saja, hal ini tidak jauh beda dengan para master chef. Banyak berbagai cara yang dapat anda lakukan dengan menggunakan bahan alami bumbu dapur. Saat Idul Adha seperti sekarang ini, pastinya di kulkas Anda berlimpah daging hewan kurban. Terutama daging kambing yang biasanya memang memang lebih banyak dibagikan dibandingkan daging sapi. Daging kambing identik baunya prengus dan biasanya bikin mual karena baunya.Untuk memasak atau bikin sate kambing jangan pernah dibersihkan atau dicuci dengan air karena akan merusak tekstur daging. Sehingga daging kambing pun akan menjadi keras dan alot.


©Pixabay

   Kalau daging tidak di cuci bersih apakah kotor karena bakteri kuman? tentu saja dapat diatasi masalahnya. Lumuri saja dengan air perasan jeruk nipis. Tips ini akan menghilangkan bau tajam prengus dan bikin daging empuk.


Cara Membuat Daging Agar Empuk


1. Memasak Daging Di Bikin Gulai dan Lainnya

    Untuk menghilangkan bau dan cara agar daging empuk, sebaiknya langsung rebus daging kambing lalu tambahkan dengan campuran rempah-rempah berbau harum seperti daun jeruk, jahe, serai, dan kemangi.

2. Parutan Nanas Bikin Daging Empuk

   Karena nanas mengandung enzim nabati yang akan mudah larut dalam protein daging, serta mampu memecah jaringan ikatnya. Getah nanas yang tajam juga bisa dimanfaatkan untuk melunakkan daging kambing yang alot. Selain itu juga bisa membantu mengatasi aroma amis daging. Lumuri daging kambing mentah dengan parutan nanas, kemudian diamkan selama setengah jam. Setelah itu baru olah seperti biasa.

3. Lumuri Dengan Buah Pir

   Selain buah nanas, buah pir juga bisa dimanfaatkan untuk melunakkan daging. Di barat penggunaan buah ini untuk melunakkan daging lebih umum daripada nanas. Caranya sama saja seperti nanas. Parut buah pir, kemudian gunakan untuk melumuri daging.

4. Lumuri Dengan Jeruk Nipis

   Jeruk nipis memiliki banyak manfaat untuk melunakkan dan mengurangi bau amis pada daging. Selain itu,airnya juga dapat membunuh bakteri. Lumuri daging mentah dengan air perasan jeruk nipis, dan diamkan selama kurang lebih setengah jam sebelum dimasak.

5.Gunakan Cuka dan Tomat

  Cuka dan tomat memiliki kandungan asam yang bisa mengempukkan daging dan juga menghilangkan bau amis melalui aromanya yang kuat. Apabila keduanya dicampurkan, masakan yang kamu sajikan pun tidak cepat basi.

6.Bungkus Dengan Daun Pepaya

   Bungkus daging kambing mentah dengan daun pepaya. Enzim dalam daun pepaya akan bekerja menjadikan daging kambing lebih empuk. Jika tidak ada daun pepaya, Anda juga bisa memanfaatkan daun jambu atau daun jati untuk membungkus daging kambing.

   Cara ini lebih cocok digunakan untuk mengatasi bau tidak sedap pada daging kambing yang sangat kuat. Tapi kamu juga bisa kok mengaplikasikannya juga pada jenis daging yang lain. Selain itu, enzim dalam daun pepaya juga mampu melunakkan daging. Jika tidak ada, kamu bisa menggantinya dengan daun jambu ataupun daun jati sebagai pembungkus


Cara Memasak Daging Agar Sempurna


1.Cara Potong

  Setelah daging lebih lunak, kamu bisa mulai memotongnya dengan cara melawan arus serat. Sebaiknya potongan daging pun tidak terlalu besar agar lebih mudah empuk ketika dimasak.

2.Cara Agar Bumbu Meresap

   Jika ingin disate, lumuri dulu daging dengan bumbu halus dan diamkan minimal 1 jam agar bumbu meresap. Jika dimasak berkuah, tumis dulu bumbu hingga matang, baru memasukkan daging. Masak dalam waktu cukup yang tidak terlalu lama, setidaknya hingga bumbu meresap, Karena daging sudah jauh lebih empuk melalui proses sebelumnya.

3.Pastikan Menggunakan Air Panas

  Memasak dengan cara apapun, pastikan air yang kamu gunakan untuk memasak daging kambing sudah panas atau mendidih terlebih dulu. Hal ini juga berlaku pada saat menambahkan air ketika memasak. Jangan sekali-kali memasukkan air dingin karena tekstur kambing sangat mudah kembali liat.

Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat