5 Tanda Tubuh Kurang Vitamin

    BeritaKapan - Orang yang doyan makan, belum tentu sehat. Begitu pula orang yang sehat tapi kurus karena sedikit makan belum tentu juga asupan vitamin yang cukup. Berbeda dengan orang yang sering mengkonsumsi makanan alami yang mengandung vitamin lebih serta gizi yang sehat itu baru tubuh anda cukup vitaminnya. Berbeda dengan makanan instan,Sebab makanan yang Anda konsumsi sangat rendah kandungan vitamin di dalamnya. Sehingga hal yang sering terjadi adalah munculnya penyakit secara mendadak.



©pixabay

    Berikut ini ada 5 tanda tubuh saat kekurangan vitamin seperti dilansir dari indiatimes.com.

5 Tanda Tubuh Kurang Vitamin


1. Muncul Benjolan 

     Entah itu munculnya di daerah mana pun kemungkinan jerawat yang muncul di pipi, lengan, paha, dan pantat. Itulah tanda tubuh Anda kekurangan asam lemak esensial dan vitamin A serta D. Untuk menanggulanginya, perbanyaklah berjemur di bawah sinar matahari pagi serta mengonsumsi makanan mengandung vitamin A seperti wortel, sayuran hijau, serta pepaya.

2. Kesemutan atau mati rasa

   Jika Anda mengalami gejala ini maka menjadi tanda dari munculnya masalah yang berkaitan dengan saraf perifer yang menjadi tanda dari kurangnya vitamin B di dalam tubuh. Biasanya gejala ini dikombinasikan dengan munculnya rasa cemas, depresi, anemia, kelelahan, dan ketidakseimbangan hormon.

3. Bibir pecah-pecah

   Bibir pecah-pecah dapat menjadi tanda dari kurangnya zat besi, seng, dan vitamin B di dalam tubuh.

4. Kram otot dalam

    Jika Anda merasakan kram otot yang tidak biasa atau kram otot yang terjadi di bagian dalam, maka kemungkinan Anda kekurangan mineral larut dalam tubuh seperti magnesium, kalsium, dan kalium.

5. Wajah bersisik dan rambut rontok

   Vitamin B7 atau biotin dikenal sebagai vitamin rambut. Oleh karena itu jika Anda mengalami kerontokan rambut dengan jumlah yang banyak, bisa jadi tubuh Anda kekurangan vitamin tersebut serta vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E, dan K.



    Kekurangan vitamin dalam tubuh ternyata bisa menimbulkan gejala tersebut. Oleh karena itu dengarkan tubuh Anda. Jika Anda mengalami salah satu dari gejala di atas, maka sebaiknya ubah pola makan Anda menjadi pola makan sehat.

Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat