9 Manfaat Hebat Teh Hitam

    BeritaKapan - Teh memiliki banyak jesnisnya terutama mulai dari teh hijau hingga teh hitam. Adapun perbedaan teh hitam dengan teh lainnya adalah dari proses penjemuran daun teh yang lebih lama dibandingkan proses penjemuran jenis teh lainnya. Teh hitam memang kurang populer apabila dibandingkan dengan teh hijau atau teh melati. Teh hitam terbuat dari tanaman teh bernama camellia dan sangat tinggi akan kandungan polifenol. 



   Teh sudah lama dikenal sebagai minuman alami yang baik bagi kesehatan. Berbagai bahan alami yang menjadi komposisi teh dipercaya menyimpan banyak mineral dan vitamin yang memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah 10 Manfaat Hebat Teh Hitam yang selama ini jarang Anda kenal seperti dilansir dari magforwomen.

9 Manfaat Hebat Teh Hitam


1. Teh hitam mengurangi resiko stroke

    Sebuah penelitian menyebutkan bahwa teh hitam dapat membantu mencegah stroke. Penelitian lagi juga menyebutkan bahwa teh hitam membantu mengurangi resiko penyakit jantung koroner sebesar 50%.

2. Melindungi sistem kekebalan tubuh

    Teh hitam mengandung zat antioksidan yang tinggi oleh karena itu teh hitam dapat menghilangkan berbagai virus dari dalam tubuh. Teh hitam juga dapat menghindarkan Anda dari penyakit seperti diare, pneumonia, dan infeksi kulit. Selain itu apabila teh hitam diaplikasikan di wajah makan akan mengurangi keriput dan juga mata bengkak.

3. Melawan kanker

   Sebuah senyawa penting di dalam teh hitam yaitu yang bernama TF-2 mampu menghambat perkembangan sel-sel kanker dalam tubuh.

4. Membantu menurunkan berat badan

   Sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang mengungkapkan bahwa mengonsumsi teh hitam secara teratur akan membantu Anda dalam mengurangi berat badan. Hal ini karena teh hitam mampu memperlancar sistem metabolisme di dalam tubuh.

4. Meningkatkan kesehatan mulut

    Teh hitam memiliki kandungan polifenol yang dapat menghancurkan bakteri jahat di dalam mulut. Bakteri tersebut dapat membuat gigi berlubang, plak, dan juga infeksi mulut lainnya.

5.Melindungi tubuh dari radikal bebas

    Polifenol yang terkandung dalam teh hitam termasuk jenis zat antioksidan memiliki peran positif dalam melindungi tubuh dari ancaman radikal bebas. Polifenol juga dapat mencegah kerusakan DNA.

6. Menurunkan risiko diabetes

    Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi teh hitam secara rutin juga dapat menurunkan risiko penyakit diabetes.

7.Menjaga kesehatan pencernaan

    Kandungan tanin dan fitokimia yang ada pada teh hitam mempunyai efek restoratif pada saluran pencernaan. Efek tersebut akan membuat sistem pembuangan kotoran menjadi lebih lancar sehingga pada akhirnya juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan.

8. Melindungi jantung

  Mengonsumsi teh hitam juga dapat melindungi kesehatan jantung secara keseluruhan. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi teh hitam tiap harinya diketahui mengalami penurunan risiko untuk terkena stroke dan penyakit jantung sebesar 20%.

9.Memperkuat tulang dan gigi

    Selain bermanfaat positif dalam menjaga kesehatan pencernaan, kandungan fitokimia yang ada pada teh hitam juga dapat memperkuat tulang dan gigi serta mampu mengurangi risiko penyakit arthritis.



   Itulah 9 Manfaat Hebat Teh Hitam bagi kesehatan tubuh. Jadi selain mengonsumsi teh hijau, tidak ada salahnya apabila Anda mencoba untuk mengonsumsi teh hitam.

Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat