Daftar Universitas di Indonesia Masuk Terbaik Dunia

   BeritaKapan - Universitas di Indonesia membuktikan kualitas mereka tidak kalah bagus dengan deretan universitas-universitas ternama lainnya di dunia. Baru-baru ini lembaga pemeringkat perguruan tinggi Webometrics, mengeluarkan daftar universitas terbaik di Asia Tenggara dan juga universitas terbaik dunia.




Hasilnya, berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Webometrics untuk edisi Januari 2015, Universitas Gadjah Mada menempati urutan ke-9 dalam daftar 100 perguruan tinggi terbaik di Asia Tenggara. Di urutan ke-13 ditempati oleh Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung di peringkat 15 dan Universitas Brawijaya di peringkat ke-16. 

Sedangkan pada daftar peringkat 1.000 universitas terbaik dunia, UGM duduk di peringkat ke-518. Sedangkan UI di peringkat 660, ITB pada urutan ke-704 dan Universitas Brawijaya menyabet urutan 738. Direktur Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi (DSDI) UGM, Widyawan mengatakan bahwa peringkat Universitas Gadjah Mada dalam 3 tahun terakhir selalu berada pada posisi pertama di Indonesia.


Indikator lainnya diantaranya reputasi para akademisi, rasio fakultas/mahasiswa, serta rasio pengajar dan mahasiswa internasional. Dari hasil pemeringkatan itu, QS World University menemukan daftar pemuncak universitas terbaik di dunia dalam satu dekade terakhir tak mengalami perubahan berarti.

"Hanya sedikit perubahan posisi yang terjadi setiap tahunnya," tulis laporan itu. 

Meski diakui, perbedaan diantara peringkat teratas universitas terbaik ini relatif kecil. Hal ini tak terlepas dari perbaikan yang dilakukan setiap universitas. Berada di peringkat pertama adalah Massachusetts Institute of Technology (MIT) dari AS atau tak bergeser dari posisi setahun sebelumnya.

Peringkat kedua dihuni oleh University of Cambridge (Inggris), Imperial College London (Inggris), Harvard University (AS), dan University of Oxford (Inggris).

Dari Indonesia, QS World Universities juga mencatat sedikitnya ada delapan universitas terbaik. Untuk kawasan Asia sendiri, National Universities of Singapore masih menjadi yang terbaik dan menempati posisi ke-22 dunia.

Berikut adalah delapan universitas terbaik Indonesia versi QS World University Rangkings:

1. Universitas Indonesia

Posisi dunia: 310
Skor: 40,9

2. Institut Teknologi Bandung

Posisi dunia: 461-470

3. Universitas Gadjah Mada

Posisi dunia: di atas 701

4. Universitas Airlangga

Posisi dunia: di atas 701

5. Institut Pertanian Bogor

Posisi dunia: di atas 701

6. Universitas Diponegoro

Posisi dunia: di atas 701

7. Institut Teknologi Sepuluh November

Posisi dunia: di atas 701

8. Universitas Brawijaya

Posisi dunia: di atas 701

Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat