Cara Memblokir SMS Penipuan dan Modus

   BeritaKapan - Jika anda salah satu korban penipuan mendapatkan sms dari nomor kontak yang tidak dikenal, sebaiknya tidak usah diladenin. Saran saja ini terus terang maraknya SMS 'mama minta pulsa' kian hari kian menjengkelkan. Tak hanya itu, SMS bernada penipuan lainnya pun tak kalah marak beredar bagi pengguna ponsel. Seperti halnya mendapat hadiah anu dari anu, padahal itu mengatasnamakan perusahaan besar akan tetapi sulit untuk mengetahui dimana sumber pengirimnya.

Cara Memblokir SMS Penipuan dan Modus Telkomsel XL Indosat
Cara Memblokir SMS Penipuan dan Modus

Cara Memblokir SMS Penipuan dan Modus


Kasus ini pun mendapatkan respon positif dari divisi humas mabes polri. Selain menindak tegas, divisi humas tersebut memberikan langkah pencegahan untuk memblokir nomor yang acapkali mengganggu tersebut.

1. TELKOMSEL

Format SMS: penipuan#nomor penipu#isi SMS tipuan dan kirim ke 1166
Contoh : Penipuan#0812123456#selamat anda mendptkan 1 unit mobil Avanza dari Telkomsel poin…dst lalu kirim ke 1166.

2. XL

Format SMS: Lapor#Nomor yg di gunakan utk menipu #kasus yang dikeluhkan lalu krm ke 5883.

3. INDOSAT

Format SMS : SMS(spasi)Nomor pengirim SMS penipuan(spasi)isi SMS penipuan, kirim ke 726.

Efeknya adalah, jika sudah lebih dari dua orang atau lebih melaporkan SMS penipuan tersebut, maka nomor tersebut segera diblokir secara permanen oleh operator yang bersangkutan. Dan, layanan ini gratis lho sobat lintas.

Dalam kasus lain seperti menerima penipuan transaksi online, seperti menang undian dll, maka cukup kirim kronologis dan nomor rekening si penipu ke e-mail : “cybercrime@polri.go.id” .

Semoga dapat menjadi salah satu pencegah penipuan online oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab ya.

Jangan Lupa Share Ya