Lebih Asik Selfie Sambil Menikmati Keindahan Gua Jatijajar

  Sedikit berbagi cerita, momen kebersamaan berwisata ke Gua Jatijajar dalam rangka StudyTour SMK Negeri 1 Losarang Indramayu (27/4/15) seluruh kelas duabelas berlibur sehabis Ujian Nasional. Menghilangkan penat sejenak setelah bertempur mengerjakan soal ujian berbasis CBT. 



   Momen kebersamaan yang tidak akan terlupakan tour ke Gua Jatijajar yang indah itu. Goa ini menawarkan suasana lingkungan goa yang masih asri dan alami serta pemandangan alam yang enak dipandang mata. Suasana didalam ruangan goa juga sangat menarik karena ruangan goa yang tinggi dan cukup besar sehingga mata dengan leluasa bisa melihat ruangan goa yang luas. Goa Jatijajar berada di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, 23 km Selatan Gombong atau 42 km ke barat dari Kebumen provinsi Jawa Tengah.

 (c)Perjalanan Memasuki Gua

(c)Pintu Masuk Goa



   Masih menurut legenda dan cerita masyarakat goa jatijajar masih berhubungan dengan salah satu cerita rakyat yakni lutung kasarung yang konon pernah bertapa di goa ini. Nah di dalam goa juga terdapat patung-patung yang menceritakan tentang kisah lutung kasarung yang letaknya berpencar-pencar didalam ruangan goa, untuk masalah jalan yang  di lalui di dalam goa anda tidak perlu khawatir karena jalan sudah di bangun dengan baik dan dilengkapi dengan pegangan sehingga membuat pengunjung nyaman dan mudah dalam menyusuri ruangan.


  Selain patung terdapat juga beberapa sendang atau mata air yang berjumlah kalau tidak salah tujuh buah yang di percaya memiliki khasiat masing-masing tiap sendangnya, ada yang berkhasiat membuat awet muda jika cuci muka menggunakan air sendangnya dan lain-lainnya. Di tempat ini juga terdapat sebuah patung dinosaurus yang mengelaurkan air dari mulutnya ke sebuah kolam renang kecil yang airnya langsung berasal dari mata air asli yang masih alami dan jernih.

Menengok Keindahan Sungai Alam dan mitos Gua Jatijajar


Di dalam Gua Jatijajar terdapat 7 (tujuh) sungai atau sendang, tetapi yang data dicapai dengan mudah hanya 4 (empat) sungai yaitu:

  1. Sungai Puser Bumi
  2. Sungai Jombor
  3. Sungai Mawar
  4. Sungai Kantil


   Untuk sungai Puser Bumi dan Jombor konon airnya mempunyai khasiat dapat digunakan untuk segala macam tujuan menurut kepercayaan masing-masing. Sedangkan Sungai Mawar konon airnya jika untuk mandi atau mencuci muka, mempunyai khasiat bisa awet muda. Adapun Sendang kantil jika airnya untuk cuci muka atau mandi, maka niat/cita-citanya akan mudah tercapai.


 (C) Keindahan Dalam Goa

(C)Patung besar

 


Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat