Buah Naga Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

   Buah Naga seringkali kita jumpai atau mungkin ada di daerahmu. Buah Naga juga dikenal karena mengandung vitamin C yang cukup tinggi sangat baik bagi kesehatan tubuh serta bermanfaat untuk daya tahan tubuh Ibu Hamil. Buah naga memiliki nama latin Hylocereus polyrhizus. Buah ini tumbuh subur di daerah yang sejuk serta di daerah pegunungan. Buah naga mengandung berbagai zat yang baik bagi kesehatan diantaranya adalah kalori, protein, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin C, Vitamin B1, Vitamin B3, Vitamin B12, serat, serta kandungan air yang cukup banyak.

Buah Naga Sehat Untuk Ibu Hamil Muda
Buah Naga Sehat Untuk Ibu Hamil Muda


   Menurut pendapat dari pakar kesehatan, buah naga memiliki beberapa kandungan nutrisi sehat yang cukup lengkap untuk memenuhi nutrisi bagi ibu hamil. Berikut adalah manfaat kesehatan dari buah naga untuk ibu hamil seperti yang dilansir thealthbenefitsof.com.

Buah Naga Sehat Untuk Ibu Hamil Muda


Zat besi dapat membantu pembentukan sel darah

Buah naga adalah buah yang banyak mengandung zat besi. Dalam 100 gram buah naga mengandung sekitar 0,55 besi. Zat besi ini akan diubah menjadi sel-sel darah merah, sehingga sangat bermanfaat bagi ibu hamil yang cenderung mengalami anemia.

Selain bermanfaat bagi ibu hamil, buah naga juga sangat bermanfaat bagi janin dalam kandungan, karena janin membutuhkan oksigen dan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan, sel-sel darah merah yang memiliki peran penting dalam proses ini. Pembentukan sel-sel darah merah dilakukan tubuh melalui asupan zat besi.

Mengandung karbohidrat yang cukup bagi tubuh

Karbohidrat adalah kebutuhan untuk berada di memadai oleh ibu hamil. Salah satu manfaat kesehatan dari buah naga bagi ibu hamil adalah untuk memberikan asupan yang baik dari karbohidrat untuk tubuh. Dalam 100 gram buah naga mengandung 9 sampai 14 gram karbohidrat.Sementara ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi minimal 135 gram karbohidrat per hari. Karbohidrat adalah sumber utama energi bagi wanita hamil.

Mengandung Asam folat

Selain karbohidrat, bahan penting dalam buah naga adalah folat. Folat juga termasuk dalam salah satu substansi yang dibutuhkan oleh wanita hamil. Di antara fungsi folat untuk ibu hamil adalah untuk membentuk sel darah merah dan menghindari bayi dari cacat tabung saraf. Dengan demikian, kecukupan folat untuk ibu hamil sangat penting untuk diperhatikan.

Kaya akan serat

Buah yang kaya serat adalah buah-buahan penting untuk kesehatan ibu hamil. Selama kehamilan, masalah pencernaan seperti sembelit sering terjadi. Buah naga merupakan salah satu buah dengan banyak kandungan serat, sehingga cocok untuk ibu hamil. Dalam satu porsi buah naga, diperkirakan mengandung 0,3-0,9 gram serat. Ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi 28 gram serat per hari.

Gizi yang cukup

Manfaat kesehatan dari buah naga bagi ibu hamil tidak dapat diragukan ketika menemukan nutrisi yang sangat banyak di dalamnya. Di antara senyawa penting lainnya yang ada di buah naga vitamin C, fitokimia, protein, kalium, dan lain-lain. Jadi, buah naga sangat bermanfaat bagi ibu hamil dan janin. Khusus lagi, buah naga mengandung Vitamin B1, yang dikenal sangat baik untuk pertumbuhan janin, merangsang penyerapan protein, dan membantu membakar karbohidrat menjadi energi.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buah naga mengandung Vitamin C yang sangat tinggi. Kandungan Vitamin c tersebut mampu meningkatkan kekebalan tubuh kita. Buah naga juga sangat baik dikonsumsi oleh anak dalam masa pertumbuhan.

Merawat Kesehatan Kulit

Caranya ambil satu buah naga dan kupas kulitnya, haluskan. Lalu buah naga yang telah diblender dimasukkan kedalam gelas dan ambil airnya dengan sendok usapkan pada wajah. Lakukan secara teratur setiap hari. 


Nah itulah beberapa manfaat dari Buah Naga Sehat Untuk Ibu Hamil Muda. Konsumsilah buah naga secara teratur dan dapatkan manfaatnya.

Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat