5 Bunga Untuk Perawatan Kecantikan dan Kesehatan

    BeritaKapan - Melihat Bunga cantik adalah salah satu kenikmatan surga yang ada didunia.Selain itu Bunga banyak manfaatnya untuk kecantikan dan kesehatan.Di Indonesia sendiri itu sejak zaman dahulu nenek moyang kita memanfaatkan tumbuhan-tumbuhan yang ada di sekitar untuk pengobatan herbal. Tak hanya bagian daunnya, bunga pun memiliki manfaat kesehatan dan kecantikan yang beragam.Temukan diantara ke 5 Bunga Untuk Perawatan Kecantikan dan Kesehatan seperti yang dilansir oleh newbeauty.com.

5 Bunga Untuk Perawatan Kecantikan dan Kesehatan
(C) pixabay

5 Bunga Untuk Perawatan Kecantikan dan Kesehatan


1. Bunga Sepatu

    Bunga sepatu dapat digunakan untuk perawatan kecantikan rambut. Bunga ini kaya akan kandungan Alphahydroxy Acids (AHA) dan asam amino. Kedua bahan ini ampuh untuk mengangkat sel kulit mati. Selain itu melembapkan kulit sekaligus mengurangi kelebihan minyak di pori-pori kulit. Bunga sepatu dapat mencegah penuaan dini pada kulit.Nutrisi dari kelopak bunga sepatu yang dijadikan masker dapat memperlancar peredaran darah di kulit kepala dan karenanya dapat mengatasi kerontokan dan merangsang pertumbuhan rambut. Selain itu efek anti penuaan dini pada bunga sepatu juga bisa dimanfaatkan untuk menghitamkan kembali rambut yang mulai beruban. Untuk merawat rambut dengan bunga sepatu Anda tinggal membuat masker rambut dan conditioner dari kelopak dan daun bunga sepatu. Campurkan kelopak bunga sepatu dan beberapa lembar daun bunga sepatu yang sudah dihaluskan dengan sedikit air. Gunakan untuk masker di kulit kepala. Jika ingin membuat conditioner dari bunga sepatu, Anda tinggal mengganti air dalam resep masker tadi dengan minyak kelapa.

2. Mawar

    Bunga mawar tinggi kandungan vitamin C dapat mengatasi masalah jerawat. Karena itu dapat mengatasi kekeringan dengan melembapkan kulit dan mengatasi kulit yang kemerahan karena terpapar sinar matahari. Mawar juga berfungsi untuk mendinginkan kulit, meringkas pori-pori dan yang paling penting mampu menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata.Meskipun sekarang sudah banyak produk air mawar dalam kemasan yang beredar di pasaran, Anda bisa mencoba membuat air mawar sendiri dengan merendam bunga mawar segar ke dalam segelas air. Biarkan selama semalaman. Esok harinya Anda bisa memanfaatkan air mawar ini untuk melarutkan campuran masker.

3. Chamomile

   Chamomile atau kamalia mengandung azulene, bahan yang memiliki efek mendinginkan kulit dan mengurangi peradangan serta pembengkakan pada kulit. Karena itulah biasanya bunga ini dimanfaatkan untuk mengatasi lingkaran gelap di bawah mata. Selain itu chamomile juga dapat meningkatkan elastisitas kulit dengan cara mengencangkan pembuluh kapiler di bawah permukaan kulit.Untuk mengatasi kantung mata yang membandel, Anda tinggal memanfaatkan teh chamomile dalam tea bag. Seduh teh di dalam air panas, kemudian gunakan kantung tehnya yang sudah didinginkan terlebih dahulu di dalam lemari es untuk mengompres kantung mata.

4. Melati

    Selain harum Melati berfungsi untuk mengembalikan kelembapan yang hilang dari kulit. Kandungan nutrisinya dapat membuka pori-pori kulit yang tertutup dan menutrisinya. Selain itu melati juga dapat menghangatkan kulit dan melancarkan peredaran darah. Untuk memperoleh manfaat dari melati Anda bisa memanfaatkan minyak melati yang banyak dijual di pasaran. Atau Anda juga bisa memanfaatkan teh melati dalam tea bag yang dijual di pasaran.

5. Lavender

    Lavender dapat mengontrol kelebihan minyak di pori-pori kulit. Bunga berwarna ungu dengan aroma harum ini cocok untuk kulit yang sensitif sebab dapat mengendalikan produksi sebum di pori-pori. Lavender juga dapat melawan bakteri karena memiliki efek anti-bakteri dan antiseptik.

Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat