6 Cara Cepat Menyembuhkan Sakit Tenggorokan

     BeritaKapan - Sakit Tenggorokan merupakan salah satu penyakit yang harus sesegera mungkin untuk disembuhkan. Penyakit tersebut yang menyebabkan gangguan untuk menelan biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus, iritasi pada membran mucus tenggorokan akibat debu, asap, pasta gigi atau infeksi gusi, batuk kronis, serta berbicara keras untuk jangka waktu yang lama. Jangan biarkan rasa sakit berlarut-larut sembuhkan dengan cara berikut ini seperti yang dilansir dari HealthLine.com.

(C) Ilustrasi Teh Hangat pixabay

1. Berkumur Dengan Kunyit atau Garam

     Caranya cukup campurkan 1/4 sendok teh kunyit dan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat,lalu berkumurlah.Cara tersebut sudah dilakukan penelitian oleh Universitas di Connecticut menyarankan hal yang sama bila tenggorokan mulai terasa gatal dan tidak nyaman.Berkumur dengan air garam akan mengencerkan dahak dan membunuh bakteri jahat di tenggorokan. Selain itu, ia juga dapat meringankan bengkak yang terjadi di dalam tenggorokan.


2.Secangkir Teh Hangat

   Teh merupakan zat yang berfungsi sebagai antioksidan. Teh dipercaya secara turun temurun dan secara medis merupakan zat yang bisa membantu memperkuat daya tahan tubuh dan memperbaiki sel-sel tubuh. Minumlah teh hangat untuk membantu proses penyembuhan sakit tenggorokan, supaya khasiatnya lebih ajib, tambahkan madu atau jahe. Madu berfungsi juga sebagai pembunuh bakteri dan jahe sebagai penghangat tenggorokan.


3.Makan Buah Pisang

    Buah Pisang yang kaya akan Vitamin B6, vitamin C dan kalium. Zat ini sangat baik dalam membantu proses penyembuhan sakit tenggorokan. Selain itu tekstur pisang yang halus ini akan mudah ditelan ketika sakit tenggorokan.


4.Peppermint Oil

   Peppermint oil menurut Universitas Mariland dapat mengencerkan dahak dan mengobati penyakit tenggorokan ringan. Menurut laporan studi tahun 2008, peppermint mengandung anti peradangan, anti bakteri dan antivirus.

5.Akar licorice

    Akar licorice ampuh untuk membantu meredakan sakit tenggorokan dan mengembalikan tidur nyenyak Anda. Cukup diseduh dengan air hangat, dibiarkan dingin dan dijadikan obat kumur, maka dalam waktu singkat nyerinya akan berkurang, Licorice juga mencegah iritasi serta infeksi bakteri yang dapat menyebabkan peradangan di tenggorokan.

6.Madu

     Campurkan teh Anda dengan madu dan lemon untuk meringankan sakit tenggorokan. Ramuan ini mampu mencegah infeksi pernafasan dan membantu mengeluarkan dahak pada kasus batuk. Selain itu, manfaat lain dari madu juga efektif mencegah infeksi tenggorokan.



          Itulah dari ke 6 Cara Cepat Sembuhkan Sakit Tenggorokan yang dapat anda terapkan dirumah sendiri. Jika tidak sembung harap konsultasi dengan dokter.

Jangan Lupa Share Ya