4 Fase Hubungan Cinta Asmara Yang Mungkin Pernah Kamu Rasakan

BeritaKapan.com - Menjalin hubungan cinta dari masa awal hingga berhenti karena sudah saling menemukan tandanya bahwa mungkin dia jodohmu. Beruntunglah bagi seseorang yang menemukan jodohnya. Untuk menjalin dan melaksanakan hubungan cinta asmara sangatlah membutuhkan semangat, usaha, dan tekad untuk membuatnya terus berjalan dengan baik.



Meskipun setiap hubungan cinta asmara akan berbeda pada setiap orang yang menjalaninya, ada yang berhasil sampai pernikahan dan ada yang putus ditengah jalan karena sesuatu. Akan tetapi setiap orang akan merasakan fase-fase ini ketika mereka menjalin hubungan asmara cukup lama. Fase-fase berikut ini merupakan dasar untuk membangun hubungan yang solid dan sukses yang mungkin berlangsung seumur hidup. 

Berikut ini ada 4 Fase Hubungan Cinta Asmara Yang Mungkin Pernah Kamu Rasakan


1. Fase Menjalin Hubungan Cinta ( Pacaran)

Tahap pacaran adalah masa-masa awal ketika seseorang jatuh cinta. Dunia seolah hanya milik berdua, yang lain cuma ngontrak. Masa di mana seolah kekurangan pacar itu tidak ada, pokoknya she/he is the best. Yang ada hanya perasaan bahagia untuk berdua. Belum mikir tagihan listrik, bayar kontrakan rumah, popok bayi, dan lain-lain. Pokoknya seneng-seneng berdua deh.

2. Fase Membangun cinta

Tahap ini merupakan tahap di mana seseorang mulai “bangun” dari mimpinya tentang sosok pujaannya selama ini. Kekurangan dari pasangan mulai tampak. Perbedaan pemikiran dan pendapat juga mulai tumbuh. Ini adalah saat-saat kritis dan menentukan. Apakah hubungan akan terus berlanjut atau putus di tengah jalan. Kemampuan dalam mengendalikan ego sendiri dan kooperatif terhadap pasanganlah yang menjadi kunci pada masa-masa ini. Seberapa besar kamu bisa menerima kekurangan pasanganmu? Seberapa kuat kamu mengendalikan egomu sendiri untuk tetap mempertahankan hubungan? Dan seberapa besarkah kemauanmu untuk melanjutkan hubungan ini ke tahap yang lebih serius?

3. Fase Mengenal arti setia dan kepercayaan

Fase yang ini cukup sulit jika tanpa didasari oleh kejujuran. Ini adalah tahap yang mulai mendalam. Bukan hanya di permukaan seperti pada tahap pacaran di awal. Setelah mengalami beragam konflik dan menemui perbedaan dari diri pasangan, di titik inilah seseorang mulai mengenal pasangannya lebih dalam. Masa pacaran bukan lagi tentang bunga-bunga yang indah, tetapi lebih kepada penerimaan diri pasangan secara lebih dewasa. Pacaran bukan lagi hanya soal senang-senang. Lebih dari itu, kamu akan mulai memahami bagaimana mencintai dengan cara yang baik; menerima kekurangan, menekan ego, saling menghargai, dan saling percaya.

4. Fase Menemukan Kembali

Ini adalah tahap tertinggi dalam sebuah hubungan. Tahap di mana kamu mulai merasakan rasa sayang yang lebih dari sekadar jatuh cinta. Rasa memiliki menjadi lebih besar di tahap ini. Yang kamu inginkan adalah bagaimana membuat hubungan ini terus berjalan sebagaimana mestinya. Bukan lagi memikirkan ego diri sendiri, bukan lagi soal keterpaksaan menerima kekurangan. Tahap ini adalah sebuah tahap keikhlasan dalam mencintai dan menjalin hubungan. Bukan lagi seberapa ganteng/cantik, seberapa kaya, seberapa pintar. Tahap ini adalah tahap penerimaan secara utuh dan ikhlas.

Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat