6 Ciri Gejala Umum Tanda Sedang Hamil Muda Selain Telat Haid

BeritaKapan.com - Kabar gembira bagi pasangan papah muda dan mamah muda setelah belum lama menikah pastinya ingin tau bagaimanakah ciri atau gejala umum jika sedang hamil muda selain berhentinya masa haid. Gejala hamil muda pun ternyata bisa diketahui dari sejumlah hal, tak sekadar dari telat haid saja. Penting untuk mengenali gejala-gejala hamil muda agar kamu bisa segera menjaga tubuh dan kehamilanmu sejak awal dengan baik.


6 Ciri Gejala Umum Tanda Sedang Hamil Muda Selain Telat Haid


6 Ciri Gejala Umum Tanda Sedang Hamil Muda Selain Telat Haid


Seperti yang dilansir oleh lifebuzz.com, ada sejumlah gejala lain yang mengarah pada hamil muda. Jika kamu merasakan gejala-gejala ini, sebaiknya segera hubungi dokter untuk mendapat kepastian dan perawatan yang tepat.

Terjadi Pendarahan Implantasi

Salah satu gejala umum kehamilan adalah pendarahan implantasi. Jadi, telur yang telah dibuahi bergerak melalui saluran telur menuju rahim. Kemudian, masuk ke dalam dinding rahim. Saat itu terjadi, jaringan yang terbentuk di sekitar telur, yang dikenal dengan sebutan trofoblas, bisa merusak sejumlah pembuluh darah di dalam rahim. Akibatnya keluarlah sedikit darah dari leher rahim yang kemudian merembes turun ke vagina.

Perubahan di Sistem Pencernaan Tidak Biasanya

Orang yang hamil bisa mengalami morning sickness di trimester pertama. Hal ini meliputi sakit kepala, mual, dan muntah-muntah. Bahkan bisa juga menyebabkan konstipasi dan lebih peka terhadap bau. Tapi pada dasarnya hal ini bisa berbeda pada setiap wanita, tergantung dari perubahan hormon yang terjadi.

Rasa Letih yang Luar Biasa

Saat hamil, tubuh memiliki kadar gula darah dan tekanan darah yang rendah. Tubuh juga memproduksi darah lebih banyak dari biasa. Dan hormon-hormon dalam tubuh, seperti progesteron bisa menyebabkan tubuh terasa letih luar biasa.

Mood yang Suka Naik Turun Berubah - Ubah Di Setiap Waktu

Suasana hati dan mood-mu naik turun. Kadang bisa tersinggung atau bahkan marah tanpa alasan jelas. Perubahan hormon dalam tubuh bisa mempengaruhi neurotransmiter yang bisa membuat mood jadi lebih sulit dikendalikan.

Lebih Sering Buang Air Kecil

Perubahan hormon dalam tubuh bisa menyebabkan darah mengalir lebih cepat di dalam tubuh. Salah satu akibatnya, frekuensi buang air kecil jadi meningkat.

Payudara Terasa Nyeri

Coba cek payudaramu. Apakah terasa nyeri atau lebih padat dari biasanya? Sensasinya bisa dibilang agak mirip ketika kamu akan haid. Penyebabnya tak lain adalah karena perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh.

Jangan Lupa Share Ya