Cara Agar Pepes Ikan Nggak Bau Amis Tapi Lebih Nikmat Rasanya

BeritaKapan - Menu masakan pepes ikan sendiri di rumah adalah cara terbaik untuk memanjakan lidah dan cita rasa lebih sayang pada keluarga. Peran utama bagi ibu rumah tangga menciptakan suasana harmonis dengan salah satu caranya untuk memasak pepes ikan. Ngomongin pepes ikan yang amis, sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisir amisnya pepes ikan. Adapun cara untuk meminimalisir bau amis pada pepes ikan, dari pengalaman pribadi juga melansir dari berbagai sumber, ini lho cara praktis agar pepes ikan tak amis dan semakin nikmat.

Cara Agar Pepes Ikan Nggak Bau Amis Tapi Lebih Nikmat Rasanya


Cara Agar Pepes Ikan Nggak Bau Amis Tapi Lebih Nikmat Rasanya


Pepes Ikan nggak bau amis telah menjadi bahan masakan yang rasanya nikmat dan pastinya sangat sehat buat kesehatan. Ikan juga bisa dikreasikan menjadi berbagai masakan yang menggugah selera. Ia bisa dikreasikan menjadi masakan yang dengan cara digoreng, masak kuah, masak bening, bakar hingga yang paling idola adalah di pepes. Tapi sayang, saat memasak ikan pepes, tidak jarang hal ini membuat ikan menjadi amis dan kurang sedap. 


Gunakan Ikan Segar

Hal pertama yang perlu kamu lakukan ketika ingin membuat pepes ikan nikmat dan bebas amis adalah pilih ikan yang segar. Selain memilih ikan yang segar, usahakan pula untuk memilih jenis ikan yang tidak terlalu memiliki bau amis. Biasanya, ikan yang tak terlalu amis adalah jenis ikan air tawar seperti ikan nila, ikan bandeng atau ikan mas dan ikan patin.

Gunakan Bumbu/Rempah yang Lengkap yang tidak instan

Pastikan untuk menggunakan rempah yang lengkap saat kamu mau membuat pepes ikan. Jangan lewatkan untuk memasukkan kunyit, jahe, lengkuas dan bumbu rempah lain demi mendapatkan pepes yang sedap, nikmat dan tanpa bau amis.

Bersihkan Isi Dalam Perut Ikan dan Sisik

Agar pepes ikan semakin nikmat dan tak amis, pastikan untuk membersihkan ikan dengan baik dan sampai benar-benar bersih. Bersihkan isi dalam perut ikan serta bagian insangnya. Jangan lupa, potong sirip dan ekor juga bersihkan sisik ikan. Ketika kamu menggunakan ikan yang bersih, bau amis pada ikan akan sedikit berkurang dan rasanya pun akan semakin nikmat juga lezat.

Lumuri Ikan dengan Bahan Alami Penghilang Amis Seperti Jeruk,Lemon atau Kemangi

Sebelum dimasak dan dicampur dengan bumbu pepes, usahakan agar melumuri ikan dengan bahan alami yang bisa menghilangkan bau amis ikan. Bahan alami tersebut bisa berupa daun salam, daun jeruk, tomat hijau, jeruk lemon atau daun kemangi. Selain dilumurkan pada daging ikan yang masih mentah, penghilang amis ini juga bisa dipakai untuk bumbu masakan pepes ikan.

Bakar Pepes Ikan dengan api yang sedang

Agar pepes ikan semakin sedap dan tak berbau amis, alangkah baiknya jika pepes ikan dibakar. Tak hanya membuat bau amis berkurang, membakar pepes juga akan membuat kandungan air di dalam pepes berkurang dan membuatnya menjadi pepes yang sedap, nikmat serta menggugah selera. Untuk membakar pepes ikan, kamu bisa memanfaatkan alat pemanggang atau teflon. Akan lebih nikmat lagi, jika pepes ikan dibakar diatas pemanggang yang apinya terbuat dari arang.

Itulah cara agar pepes ikan tidak berbau amis lagi memiliki aroma sedang serta rasa lezat menggugah selera. Cara yang sangat mudah bukan? Semoga, cara ini membantu kamu dalam mendapatkan pepes ikan yang sedap dan nikmat.

Jangan Lupa Share Ya