Aroma Menggoda Nasi Sangit Sambal Kopi, Ada Yang Minat Untuk Mencoba?

BeritaKapan - Aroma Menggoda Nasi Sangit Sambal Kopi, Ada Yang Minat Untuk Mencoba? Sebenarnya ada yang aneh dari menu yang tidak biasa di daerah Bukit Surocolo Bantul, tepatnya di Dusun Ngreco RT 1, Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Bantul. Sego sangit sambal kopi, demikian menu andalan yang dijual di Warung Ereng-Ereng milik Jemmy Kanas. Suasana perbukitan yang semilir dan indah berubah hangat ketika sambal kopi mampir di lidah. Sesuai namanya, sego sangit mirip dengan nasi bakar.

Aroma Menggoda Nasi Sangit Sambal Kopi, Ada Yang Minat Untuk Mencoba?
Cara pengemasannya dengan digulung menggunakan daun pisang. Dan kalau sebelum dibakar, nasi ini dicampur dengan daun kemangi dan teri nasi untuk menghasilkan aroma yang menggoda. Lauknya pun berupa ayam bakar, bisa ayam kampung ataupun ayam bakar dalam negeri. Keduanya telah dibedakan dari harga jual per porsi, yakni sekitar Rp 35.000 untuk seporsi sego sangit sambal kopi dengan ayam kampung dan Rp 25.000 untuk ayam dalam negeri. 

Cara memasak ayammya sangat membutuhkan waktu semalaman selama diungkep. Hal ini bertujuan agar bumbu meresap dan daging ayamnya pun berubah jadi empuk. Baru lah setelah itu dibakar. Sayur pendamping dari menu ini adalah gulai kembang pisang dan jarum tiram. Bahan bakunya sangat mudah diperoleh di sekitar desa, mengingat kawasan tersebut banyak sekali budidaya jamur dan berlimpah tanaman pisang.

Sebagai pendamping, Jemmy menyediakan sambal kopi.Menurut dia, menu itu terinspirasi dari sang ibu yang yang berasal dari Kebumen. "Kalau tidak ada terasi, ibu selalu bikin sambal menggunakan bahan seadanya, dan adanya kopi ya pakai kopi,".

Jangan Lupa Share Ya