Kamu Harus Tau! Inilah Empat Bahaya Jika Kamu Terlalu Lama Merasa Stres

     BeritaKapan - Kamu Harus Tau! Inilah Empat Bahaya Jika Kamu Terlalu Lama Merasa Stres. Stres hampir semua orang pasti pernah mengalaminya. Bagi sebagian orang, stres bisa diatasi dengan hal yang cukup mudah dan juga tidak akan mengganggu kesehatan. Namun, sebagian orang lagi stres sangat berbahaya buat kesehatan dan pasti akan mengancam jiawanya. Ketika sedang stres, otak akan melepaskan Hormon Adrenalin dan Kortisol. Hormon Adrenalin akan meningkatkan denyut jantung yang sangat cepat sedangkan Hormon Kortisol berdampak pada menaiknya gula darah. 

     Ketika denyut jantung meningkat dengan cepat dan gula darah naik akibat stres, ini sangat berbahaya bagi kesehatan. Bahaya tersebut akan semakin bertambah dan meningkat di saat stres yang dialami seseorang terjadi terlalu sering. Lalu apa saja sih bahaya jika kita terlalu lama merasa stres? Berikut ulasannya.

Kamu Harus Tau! Inilah Empat Bahaya Jika Kamu Terlalu Lama Merasa Stres

Kamu Harus Tau! Inilah Empat Bahaya Jika Kamu Terlalu Lama Merasa Stres

  • Rambut Akan Rontok
     Rambut rontok memang hal yang biasa bagi setiap orang. Namun, masalah rambut rontok yang paling parah umumnya dialami oleh orang-orang yang sering merasa stres berlebihan. Saat seseorang sedang merasa stres, sel darah putih di tubuhnya akan menyerang folikel rambut, dan suhu otak akan lebih panas, tegang, cemas atau frustasi. Dengan kondisi seperti ini, rambut akan mudah rontok, kering, lepek, dan tidak tumbuh dengan baik.
  • Resiko Pada Jantung
     Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan no 1 di dunia. Chauncey Crandall, MD, profesor ahli jantung mengungkapkan jika stres adalah penyebab utama risiko pada jantung. Jika seseorang sedang merasa stres, pikirannya senantiasa akan diselimuti oleh rasa cemas. Dengan rasa cemas tersebut, pola makan yang baik pasti akan menjadi berantakan karena masalah stres. Hal inilah yang akan mengganggu kesehatan jantung dan penyakit membunuh lainnya.
  • Berat Badan Akan Bermasalah
     Bahaya selanjutnya yang ditimbulkan dari stres adalah masalah pada berat badan. Ciri dari orang yang sering atau terlalu lama merasa stres adalah berat badan akan lebih mudah gemuk dan berat badan pun akan naik secara drastis atau pun sebaliknya. Stres juga akan mendorong seseorang mengalami peningkatan nafsu makan yang cukup tinggi atau pun sebaliknya, mengalami penurunan nafsu makan.
  • Resiko Terkena Kanker
     Para peneliti sudah mengungkapkan bahwa orang yang sering merasa stres dalam jangka waktu cepat atau lambat akan terkena resiko kanker. Stres kronis merupakan stres yang paling berbahaya karena resiko kanker akan lebih mudah masuk ke dalam tubuh. Selain memicu dan meningkatkan kanker, stres juga akan menurunkan daya tahan tubuh dan mempermudah bakteri masuk ke dalam tubuh serta kuman akan merusak kesehatan fisik maupun psikis.

Jangan Lupa Share Ya