Kamu Harus Tau, Inilah Tujuh Makna Penting Pada Tradisi Imlek!

     BeritaKapan - Kamu Harus Tau, Inilah Tujuh Makna Penting Pada Tradisi Imlek!. Setiap tanggal 28 januari, masyarakat tionghoa selalu merayakan tahun baru imlek. Perayaan Imlek selalu dinantikan sebagai bentuk rasa syukur atas hasil kerja keras dan waktu untuk mengharapkan datangnya kesejahteraan pada tahun-tahun yang akan datang. Berbicara mengenai tradisi Imlek, tentunya pasti ada sedikit makna penting di dalamnya. Nah, berikut ini kami telah merangkum informasi tentang tujuh tradisi imlek yang mempunyai makna penting.

Kamu Harus Tau, Inilah Tujuh Makna Penting Pada Tradisi Imlek!

Kamu Harus Tau, Inilah Tujuh Makna Penting Pada Tradisi Imlek!


1. Membersihkan Rumah Dari Kotoran Debu
     Menurut catatan Lv Shi Chun Qiu, tradisi membersihkan rumah menyambut Imlek telah dilakukan sejak masa Yao daen Shun. Tradisi bersih-bersih atau yang biasa dikenal sebagai shau chen ini juga dapat dilakukan dengan memperbarui perabot rumah tangga yang sudah rusak maupun menyegarkan nuansa rumah dengan mengecat ulang. Bukan hanya membersihkan secara fisik saja, ternyata tradisi ini juga mempunyai makna sebagai bentuk pembersihan segala ketidakberuntungan dan nasib rumah yang kurang baik. 

2. Menempelkan Puisi Tahun Baru Imlek 
     Sepasang kalimat berbentuk puisi tak ketinggalan untuk ditempelkan di samping kanan dan kiri jendala serta pintu. Konon katanya, kalau kertas merah berisi puisi dengan tulisan emas itu akan menjadi perantara bagi doa dan harapan yang diinginkan masyarakat Tionghoa akan terkabul.

3. Lukisan Tahun Baru
     Imlek juga sarat kaitannya dengan tradisi membuat lukisan tahun baru. Hal tersebut dilakukan untuk memohon keberuntungan dengan melukiskan gambar dewa ataupun simbol-simbol kemakmuran seperti gambar dewa rezeki, dewa Fu Lu Shou, lukisan musim semi, ataupun lukisan panen raya.

4. Tidak Tidur Pada Malam Tahun Baru Imlek
     Begadang semalaman memiliki arti sebagai bentuk syukur atas waktu yang akan datang. Tradisi ini juga dapat menjadi momen introspeksi diri selama setahun yang telah dilalui. Harapannya, diri dan kehidupan akan menjadi lebih baik lagi dengan belajar dari kesalahan pada tahun sebelumnya.

5. Menyalakan Petasan
     Bukan hanya sebagai pemecah sepi saja, petasan juga mampu menimbulkan perasaan gembira bagi siapa saja yang menggunakannya. Bahkan, petasan diyakini memiliki makna sebagai pengusir nasib buruk yang akan menghampiri mereka, juga bisa dipercaya mampu membuat masa depan yang cerah.

6. Saling Membagikan Angpao
     Imlek juga menjadi momen untuk mempererat tali persaudaraan. Saling mengunjungi biasanya dilakukan oleh orang yang lebih muda kepada orang-orang yang lebih tua. Namun, tidak menutup kemungkinan yang akan berlaku justru sebaliknya. Mereka percaya, bahwa relasi yang baik akan dapat memperlancar segala urusan dan menghadirkan kebahagiaan sedangkan membagikan angpao mempunyai makna sebagai bentuk transfer energi dan kesejahteraan.

7. Kumpul Bersama Keluarga
     Makan malam pada malam tahun baru Imlek disebut sebagai ”makan malam reuni”. Hal ini tak lain karena keluarga besar dari berbagai generasi akan terus dikumpulkan dan menyantap makan malam bersama. Dengan demikian, tidak ada yang bisa memisahkan hubungan keluarga kecuali sudah takdir tuhan.

Jangan Lupa Share Ya