Kenapa Sih Pria Selalu Menumpuk Lemak Di Perut?

     BeritaKapan - Kenapa Sih Pria Selalu Menumpuk Lemak Di Perut? Tubuh seorang pria dan wanita tentunya mempunyai tempat penyimpanan lemak utama yang berbeda. Tertuju pada pria, lemak sering kita lihat kebanyakan telah menumpuk pada bagian perut. Perut merupakan salah satu tempat untuk menyimpan lemak. Bagian tubuh itu bisa diibaratkan seperti bagasi pada sebuah kendaraan mobil yang bisa diisi dengan berbagai perlengkapan perjalanan. Bedanya, jika seorang pria tak bisa mengendalikan pola makannya dan kurang bergerak, "bagasinya" akan kesempitan. 

Kenapa Sih Pria Selalu Menumpuk Lemak Di Perut?
     Jika tempat penyimpanan di dalam perut sudah penuh, maka hal ini lemak akan mulai berakumulasi di lever, pankreas, dan juga otot. Kondisi ini sebenarnya sangat tidak sehat, kata Dr.Zhaoping Li, direktur Pusat Nutrisi Manusia di Universitas California, AS. Sebaliknya dengan wanita. Karena hormon estrogen, wanita cenderung menyimpan lemak di bagian pinggul dan kaki, terutama pada bagian paha. Lemak di area penyimpanan tersebut dapat memberi energi saat wanita hamil atau sedang menyusui.

     Secara genetik seorang wanita memiliki kapasitas jauh lebih baik untuk menyimpan lemak. Ini adalah bagian dari survival, kata Li. Penyimpanan lemak di bagian pinggul dan paha tidak berkaitan dengan risiko kesehatan seperti halnya lemak pada perut. Akan tetapi, jika area penyimpanan lemak itu sudah penuh, maka wanita akan mulai menimbun lemak di bagian perut.

     Ketika area perut sudah penuh dengan lemak, tubuh juga akan mulai menyimpan lemak di bagian lain, termasuk organ-organ dalam. Dengan demikian, risiko terkena penyakit kronis pun meningkat. Selain itu, saat wanita memasuki usia menopause, kadar estrogen di dalam tubuhnya akan menurun. Saat ini terjadi, tubuh akan berhenti menyimpan lemak di paha dan pinggul, dan beralih ke bagian perut. Ini menjelaskan mengapa wanita usia lanjut juga biasanya tampak membuncit.

     Bahaya dari timbunan lemak di perut sudah lama diungkap. Selain beresiko diabetes, risiko diabetes, kanker, dan penyakit jantung juga akan meningkat. Untuk itu hal yang paling penting untuk mengurangi timbunan lemak di perut adalah dengan cara mengatur pola hidup yang baik dan benar. 

Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat