Lima Tradisi Paling Aneh Di Dunia

     BeritaKapan - Lima Tradisi Paling Aneh Di Dunia. Setiap daerah tentunya memiliki tradisi masing-masing. Tradisi juga merupakan sebuah budaya karena berlangsung secara turun temurun dari jaman nenek moyang. Tradisi selain punya beberapa manfaat yang cuma dipahami di daerah tertentu juga menjadi identitas bagi masyarakat di daerah tersebut. Di antara berbagai tradisi yang ada di dunia, ternyata ada beberapa tradisi yang bisa dibilang "aneh", sekaligus membuat kita menjadi agak kaget, khususnya bagi kita orang Indonesia. Saking anehnya, anda sendiri juga bingung kan? Bahkan ngerasa kalau tradisi-tradisi itu agak diluar pemikiran kita. Nah, apa saja sih tradisi-tradisi yang paling aneh di dunia? Berikut ulasannya.

1. Amazon - Sarung Tangan Semut

Lima Tradisi Paling Aneh Di Dunia

     Suku Satere-Mawe yang hidup di sekitar Sungai Amazon sudah memiliki sebuah kebudayaan unik bagi anak-anak laki-laki yang sudah mulai balig atau sudah beranjak dewasa. Sejujurnya tradisinya ini enggak cuma menarik, tetapi sangat menyakitkan. Lo tau parponera clavara alias semut peluru. Semut ini mempunyai gigitan yang efek dapat menimbulkan perih berkali-kali lipat ketimbang digigit semut biasa. Digigit semut biasa aja rasanya perih setemgah mati, belum lagi bengkaknya yang bikin gatal. Dengan diringi musik khas suku Satere-Mawe, anak laki-laki ini dipasangi sarung tangan di tangannya, lalu oleh kepala suku atau orang yang disegani, mereka diajak untuk menari.

2. Tibet - Kuburan Langit

Lima Tradisi Paling Aneh Di Dunia

     Kontur tanah di Tibet yang umumnya adalah pegunungan tinggi dan terjal, memang kurang cocok untuk membuat sebuah pemakaman. Untuk itu, jasad orang yang sudah meninggal dunia harus ditumbuk sampai jadi serpihan-serpihan kecil. Agak sedikit mengerikan ya buat kita, membayangkan orang yang kita cintai meninggal dunia dan akan ditumbuk jasadnya. Namun, itulah proses untuk penumbukkan ini adalah hal yang memudahkan para burung bangkai untuk memakan jasad-jasad itu. 

3. Suku Polahi – Menikah Sedarah

Lima Tradisi Paling Aneh Di Dunia

     Di pedalaman ada sebuah suku di Gorontalo yang memperbolehkan perkawinan sedarah alias inses. Perkawinan sedarah itu sendiri sebenarnya adalah suatu hal yang amat tabu di semua negara dan bisa menyebabkan kecacatan fisik. Akan tetapi, hal ini adalah sesuatu hal yang tabu di mata Suku Polahi. Menurut buku sejarah, Suku Polahi sebenarnya adalah orang-orang nusantara yang dulu melarikan diri ke hutan karena tidak mau di kuasai oleh para penjajah. Nah, bahkan sampai Indonesia sudah merdeka pun, mereka tetap berada di hutan yang luas karena sudah kadung membentuk komunitas dan kebudayaan mereka di sana. 

4. Kepulauan Marquesas - Menginjak Tamu Undangan

Lima Tradisi Paling Aneh Di Dunia

     Tamu undangan dalam sebuah pernikahan biasanya diperlakukan tempat yang istimewa dan dijamu dengan makanan-makanan enak. Bahkan, banyak pasangan pengantin yang suka capek sendiri setelah acara resepsi karena harus pasang senyum terus menerus dan nyalamin tamu undangan. Terutama pada pengantin cewek dengan riasan dan perhiasan yang segambreng. Namun, ada yang unik dari tradisi pernikahan ini di Kepulauan Marquesas, Tahiti. Ketika acara sudah hampir selesai, tamu-tamu undangan akan tengkurap dan memanjang sampai pintu keluar. Mereka harus menjadi jalan bagi kedua mempelai.

5. Kawasaki - Kanamara Matsuri

Lima Tradisi Paling Aneh Di Dunia

     Jepang merupakan sebuah negara yang sangat terkenal dengan budaya-budaya unik, cantik, tapi terkadang agak aneh. Salah satu yang unik tapi mungkin aneh menurut kita adalah Kanamara Matsuri alias festival penis di Kawasaki. Bukan, festival ini bukan perayaan yang diisi para lelaki tanpa celana, namun yang jelas, dalam perayaan ini banyak sekali barang yang dibuat agar menyerupai penis. 

Jangan Lupa Share Ya