Inilah Beberapa Negara Yang Penduduknya Panjang Umur

BeritaKapan - Inilah Beberapa Negara Yang Penduduknya Panjang Umur. Siapa sih yang tak ingin panjang umur? Ya rata-rata orang diselruh dunia terutama negara Indonesia banyak sekali warganya yang ingin hidup lebih lama atau panjang umur. Syarat untuk melakukan hal ini adalah harus mempunyai kemajuan teknologi kedokteran yang baik, perawatan kesehatan yang memadai, serta jaminan bagi yang sudah pensiun. Tahukah anda bahwa para wanita di Korea Selatan akan menjadi kelompok pertama di dunia yang memiliki usia harapan hidup rata-rata sampai 90 tahun lho.

Inilah Beberapa Negara Yang Penduduknya Panjang Umur
Selain negara Korea Selatan, lima negara yang memiliki usia harapan hidup tertinggi untuk wanita di tahun 2030 adalah Perancis, Jepang, Spanyol, Swiss, dan Australia. Untuk pria ada enam negara yang diperkirakan akan memiliki usia harapan hidup tertinggi ialah Korea Selatan, Australia, Swiss, Canada, Belanda, dan Selandia Baru. Dengan demikian hasil analisa dari tim Imperial College London dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terhadap usia harapan hidup di 35 negara industrialis.

Diperkirakan pada tahun 2030 akan semakin banyak orang yang hidup sampai tua dan perbedaan usia harapan hidup antara pria dan wanita akan semakin pendek. Selama ini seorang wanita memang diketahui lebih panjang umur. Korea Selatan juga memiliki faktor yang lengkap untuk meningkatkan usia harapan hidup penduduknya. Mereka memiliki tingkat persamaan yang baik dan bermanfaat bagi penduduknya, mulai dari pendidikan dan nutrisi.

Selain itu, pemerintah Korea Selatan juga berhasil melakukan pendekatan untuk mengatasi masalah hipertensi. Dan yang paling membanggakan dari negara adalah memiliki angka obesitas paling rendah di dunia. Negara Jepang yang selama ini selalu menduduki peringkat pertama dalam hal panjang umur tampaknya sudah bisa disalip oleh negara lain. Dan hingga saat ini negara yang mempunyai harapan hidup penduduk wanitanya paling tinggi adalah Perancis dan Korea Selatan.

Sementara itu, peringkat dari penduduk pria Jepang turun drastis dari peringkat empat menjadi sebelas. Amerika Serikat tetap menempati urutan terendah dalam hal usia harapan hidup di negara-negara kaya di dunia. Di negara ini usia harapan hidup tertinggi pada pria adalah 80 tahun sedangkan 83 tahun untuk wanita. Peringkat tersebut memang tak jauh beda dengan negara Meksiko dan Kroasia. 

Hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnal Lancet ini juga menunjukkan bahwa kesenjangan usia antara pria dan wanita agak semakin mendekat. Pria secara tradisional mempunya gaya hidup tak sehat, mereka senang merokok, minum alkohol, dan paling banyak yang mengalami kecelakaan dan korban pembunuhan. Namun, karena gaya hidup pria dan wanita sekarang hampir sama, demikian pula usia harapan hidup mereka.

Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat