Lima Kesalahan Besar Saat Memakai Lensa Kontak

BeritaKapan - Lima Kesalahan Besar Saat Memakai Lensa Kontak. Memakai lensa kontak sebagai pengganti kacamata tak lepas dari berbagai risiko gangguan kesehatan mata. Pengguna lensa kontak bisa saja mengalami infeksi mata hingga kerusakan kornea. Jika memutuskan untuk memakai lensa kontak, pastikan aman untuk kesehatan mata anda. Seperti yang dilansir dari Boldsky, setidaknya ada lima kesalahan besar saat memakai lensa kontak yang harus anda sadari.

Lima Kesalahan Besar Saat Memakai Lensa Kontak
1. Memakai Lensa Kontak Terlalu Lama

Sebaiknya anda harus menghindari memakai lensa kontak lebih dari 10-12 jam. Pemakaian dalam waktu lama dalam sehari dapat menghalangi kornea mata untuk mendapatkan oksigen. Kondisi itu juga dapat membuat kuman berusaha bertahan hidup didalam mata. Beberapa orang pernah dilaporkan bahwa hampir mengalami kebutaan akibat memakai lensa kontak lebih dari 10 jam.

2. Membersihkan Lensa Kontak Dengan Air Keran

Orang yang sering memakai lensa kontak harus memiliki kebiasaan higienis. Jangan pernah sesekali membersihkan lensa kontak menggunakan air keran. Hal ini dikarenakan kandungan bakteri dalam air keran dapat menyebabkan infeksi di mata. Oleh karena itu, bila mata sudah terasa sakit atau tidak nyaman, sebaiknya hentikan pemakaian lensa kontak. Dan jangan lupa untuk rutin memeriksakan kesehatan mata anda ke dokter.

3. Berenang Menggunakan Lensa Kontak

Penggunaan lensa kontak saat berada di dalam air, seperti berenang juga harus dihindari lho. Tanpa anda sadari, banyak sekali bakteri berkembang biak di dalam air. Kondisi itu juga bisa meningkatkan risiko infeksi pada mata.

4. Tidur Memakai Lensa Kontak

Tidur memakai lensa kontak tidak hanya membuat rasa tidak nyaman saja, tetapi juga risiko terkena infeksi. Kornea mata akan gagal untuk menerima jumlah oksigen yang dibutuhkan. Dengan demikian, anda jangan sampai ketiduran saat masih memakai lensa kontak.

5. Menyentuh Lensa Kontak Dengan Sengaja Menggunakan Tangan

Ini merupakan kesalahan yang paling umum terjadi. Banyak orang merasa tangannya tidak kotor dan dengan asal saja menyentuh lensa kontaknya. Padahal, bisa saja tangan penuh debu dan bakteri, sehingga dapat menyebabkan infeksi. Untuk itu, sebelum anda mau menyentuh lensa kontak, pastikan tangan anda sudah dalam keadaan bersih dengan mencuci tangan pakai sabun.

Jangan Lupa Share Ya