Lima Perusahaan Tertua Sedunia

BeritaKapan - Lima Perusahaan Tertua Sedunia. Pada tahun 2008 yang lalu, sebuah Bank dari Korea mencari data perusahaan-perusahaan yang ada di 41 negara. Hal ini untuk mengetahui seberapa lama bisa tahan unit itu menghadapi tantangan seiring berjalannya waktu. Dari pencarian bank tersebut, terdapat sekitar 5.586 perusahaan yang berusia lebih dari 200 tahun. Dari jumlah itu, sekitar 3.146 perusahaan berlokasi di Jepang, 837 di Jerman, 222 di Belanda, dan 196 di Prancis. Data lain menyebutkan bahwa sekitar 89,4 persen dari perusahaan yang berusia 100 tahun atau lebih, hanya memiliki karyawan kurang dari 300 orang.

Walaupun perusahaan-perusahaan ini sudah tua, namun hingga kini masih tetap beroperasi. Memang, ada beberapa di antaranya melebur ke perusahaan lainnya, namun itu dilakukan sekian ratus tahun setelah berdiri. Lalu apa saja sih perusahaan tertus di dunia? Berikut lima perusahaan tertua di dunia yang dikutip dari berbagai media.

1. Kongo Gumi, Jepang Berusia 578 Masehi

Lima Perusahaan Tertua Sedunia
Perusahan konstruksi ini berdiri pada tahun 578 dan berpusat di kota Osaka, Jepang. Pendiri dari perusahaan ini adalah seorang imigran dari Baekje cikal bakal Korea yang diundang ke Negeri Sakura. Pangeran Shotoku, yang menjadi pengundang memintanya untuk segera membangun sebuah kuil Buddha. Setelah melaksanakan tugasnya, imigran itu tak lantas langsung pulang. Tapi ia malah memutuskan untuk mendirikan perusahaannya sendiri yang diberi nama Kongo Gumi. Selama bertahun-tahun lamanya, Kongo Gumi berpartisipasi dalam pembangunan sejumlah gedung terkenal di Jepang, termasuk Osaka Castle yang dibangun pada Abad ke-16. Sebuah dokumen dari Abad ke-17, yang memiliki panjang sekitar tiga meter memperlihatkan bahwa silsilah 40 generasi sejak perusahaan itu berdiri.

2. Nishiyama Onsen Keiunkan, Jepang Berusia 705 Masehi

Lima Perusahaan Tertua Sedunia
Nishiyama Onsen Keiunkan merupakan sebuah hotel yang menyediakan kolam air panas di Hayakawa, Prefektur Yamanashi. Dibuka pada tahun 705, disebut sebagai hotel tertua dan salah satu perusahaan tertua yang masih beroperasi hingga saat ini. Pada tahun 2011 lalu, Guinness World Records melabeli Nishiyama Onsen Keiunka menobatkan sebagai hotel tertua di dunia. Penginapan itu telah dioperasian oleh 53 generasi dari keluarga yang sama semenjak berdiri.

3. Restoran Stiftskeller St. Peter, Austria Berusia 803 Masehi


Lima Perusahaan Tertua Sedunia
Stiftskeller St. Peter merupakan sebuah restoran yang berada di tengah-tengah biara Archabbey, Salzburg, Austria. Lokasi itu dipercaya sebagai rumah makan tertua di Eropa Tengah karena terdokumentasi oleh bangsawan Alcuin pada tahun 803. Berdasarkan hal tu, Stiftskeller disebut sebagai salah satu restoran tertua di dunia dan tertua di Eropa. Disebut-sebut Wolfgang Amadeus Mozart dan Christopher Columbus pernah makan di situ.

4. Sean's Bar, Irlandia Berusia 900 Masehi


Lima Perusahaan Tertua Sedunia
Sean Bar merupakan sebuah pub di Athlone, Irlandia. Perusahaan ini diklaim sebagai pub tertua yang dibangun tahun 900. Pada tahun 2004 Guinness World Records melabeli Sean's Bar menobatkan sebagai pub tertua di Eropa. Pencarian pub tertua di dunia sejauh ini menyebut Sean Bar. Sean's Bar terletak di 13 Main Street, Athlone, di tepi Sungai Shannon, dan pada awalnya dikenal sebagai Luain's Inn. Menurut pemandu wisata, bar itu memegang catatan setiap pemiliknya sejak awal pendiriannya, termasuk ketika artis Boy George membeli dan memilikinya secara singkat pada tahun 1987.

5. Bingley Arms, Inggris Berusia 953 Masehi


Lima Perusahaan Tertua Sedunia
Bingley Arms pub di Bardsey, Leeds, Inggris. Awalnya bernama The Priests Inn. Bingley Arms dianggap sebagai pub tertua di Inggris, dengan sejarah yang mengisahkannya pada tahun 905 dan 953. Bangunan itu sempat dijadikan 'safe house' bagi para Pastor Katolik yang dianiaya, dan juga sebagai gedung pengadilan pada tahun 1.000 yang mengadili para pembuat onar. Bingley Arms juga pernah diulas dalam buku sejarah pub di Eropa dan Inggris berjudul, "Great Pub Myths" dan diklaim sebagai pub tertua di Inggris.

Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat