Misteri "Sigale-Gale" Boneka Kayu Yang Bisa Menari

BeritaKapan - Misteri "Sigale-Gale" Boneka Kayu Yang Bisa Menari. Boneka merupakan salah satu mainan yang sering digunakan oleh anak-anak untuk bermain. Namun tahukan kamu bahwa ada satu boneka yang bisa menari lho. Boneka itu bernama sigale-gale, boneka kayu ini bisa melakukan tari-tarian dan juga bisa menangis. Indonesia memang dikenal akan panorama alam yang sangat indah dan menawan. Berbagai daerah di Indonesia memiliki sejuta pesona indah seperti gunung, pantai atau panorama alam lainnya. 

Misteri "Sigale-Gale" Boneka Kayu Yang Bisa Menari
Begitu juga dengan daerah Sumatera Utara. Di Provinsi ini terdapat berbagai gunung, pantai, serta bukit menjulang tinggi, yang begitu segar bila mata memandang. Dan salah satu pulau yang terkenal di Sumatera Utara, adalah Pulau Samosir. Pulau ini banyak menyimpan sejuta makna mendalam bagi masyarakat Sumatera Utara. Tak hanya dikenal dengan keindahan alamnya saja, pulau samosir juga menyimpan kebudayaan yang begitu menarik dengan segala mitos ataupun misteri yang tersimpan didalamnya.

Apabila kamu sudah pernah datang dan singgah ke pulau ini, tentunya sudah tidak familiar dengan boneka kayu yang bernama “sigale-gale”. Atraksi boneka kayu “sigale-gale” ini amatlah unik serta mengandung banyak misteri. Bayangkan saja, boneka kayu ini di zaman dahulu kala dapat menari nari dan juga dapat menangis layaknya manusia biasa. Percaya atau tidak percaya namun hal ini memang adanya. Di Pulau Samosir tepatnya di Tomok, aksi “sigale-gale" yang mampu menari ini sering dipertunjukkan kepada masyarakat, bahkan dapat menghibur turis yang datang.

Misteri "Sigale-Gale" Boneka Kayu Yang Bisa Menari
Sigale-gale dalam bahasa batak berarti lemas atau lemah, berasal dari kata “gale”. Gerakan atau tarian lemah gemulai dari boneka “sigale-gale” inilah yang membuatnya dinamakan “sigale-gale”. Boneka “sigale-gale” ini sering kali dijumpai pada saat acara kematian. Upacara ini sering diperlakukan untuk orang yang meninggal tanpa memiliki keturunan. Hal yang cukup menarik lainnya yang patut diketahui adalah cerita mistis mengenai proses pembuatan boneka ini. Konon katanya bahwa orang yang membuat boneka kayu ini akan menjadi tumbal. Setelah menyelesaikan pahatan dan ukiran boneka tersebut, sang pemahat juga akan meninggal dunia. Karena hal inilah jumlah boneka kayu “sigale-gale” tersedia dalam jumlah yang terbatas.

Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat