Punya Perut Buncit? Waspadai Risiko Penyakit Ini

BeritaKapan - Punya Perut Buncit? Waspadai Risiko Penyakit Ini. Perut buncit bisa terjadi karena beberapa faktor, misalnya karena terlalu banyak makan gorengan, minimnya olahraga, atau pola hidup yang buruk. Kebanyakan orang tentunya khawatir apabila memiliki perut yang buncit, hal ini karena dapat merusak penampilan. Mempunyai perut buncit tidak hanya akan mengganggu penampilan saja. Menurut peneliti mengungkapkan, apabila orang yang menyimpan banyak lemak di perut atau jaringan adiposa berisiko dapat terkena diabetes tipe dua dan penyakit jantung koroner. Risiko penyakit itu tidak hanya didapatkan oleh mereka yang memiliki perut buncit karena pola makan tinggi lemak. Tetapi perut buncit juga bisa karena faktor genetik.

Punya Perut Buncit? Waspadai Risiko Penyakit Ini
Associate Professor di Harvard Medical School, Sekar Kathiresan mengatakan, bahwa faktor genetik dapat memengaruhi seseorang dalam menyimpan lemak di tubuh. Jika ada sejumlah anggota keluarga yang memiliki perut buncit dan anda juga punya, mungkin hal ini karena ada pengaruh faktor genetik. 

Selain di perut, beberapa lemak juga banyak tersimpan pada pinggul dan paha. Mereka yang mempunyai perut buncit mungkin karena faktor genetik yang memiliki peningkatan lemak darah, gula darah, dan tekanan darah sistloik. 

Kondisi ini dapat membuat mereka berisiko tinggi dapat terkena diabetes tipe dua dan jantung koroner. Bila faktor genetik ditambah dengan faktor gaya hidup seperti pola makan yang tidak sehat dan kebiasaan merokok, risiko terjadinya diabetes tipe 2 dan penyakit jantung koroner pun menjadi lebih tinggi. Oleh karena itu, agar dapat terhindar dari dua penyakit tersebut, mulai dari sekarang untuk menghilangkan lemak di perut dengan cara olahraga dengan rutin serta makan yang seimbang.

Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat