Tips Membuat Otak Menjadi Terang Dan Cemerlang

BeritaKapan - Tips Membuat Otak Menjadi Terang Dan Cemerlang. Otak merupakan salah satu bagian tubuh yang penting karena otak yang hanya dapat mengatur segala gerakan tubuh. Tapi tahukan kamu bahwa ada cara mudah yang bisa dilakukan untuk membantu menyehatkan otak agar tetap terang dan cemerlang lho. Cara yang mudah untuk mendapatkan otak agar tetap sehat dibutuhkan asupan makanan yang bergizi serta seimbang. 

Tips Membuat Otak Menjadi Terang Dan Cemerlang
1. Mengkonsumsi Makanan Yang Sehat

Lebih dari setengah bagian otak terdiri dari lemak, karenanya lemak sangat dibutuhkan oleh otak untuk mempertahankan ketajaman berpikir supaya dapat berfungsi dengan baik. Lemak yang dibutuhkan seperti asam lemak omega-3 yang penting untuk fungsi dan perkembangan kognitif otak, serta penggunaan lemak baik seperti minyak zaitun atau minyak canola. Selain lemak, sayuran hijau juga bisa membantu melindungi otak dari penyakit Alzheimer dan demensia (kepikunan). Berdasarkan studi tahun 2009 yang dipublikasikan dalam jurnal Archives of Neurology menunjukkan bahwa bayam dan sayuran hijau lain yang mengandung folat bisa menangkal demensia dan kondisi penurunan kognitif lainnya.

2. Melenturkan Otak

Dr Gayatri Devi selaku ahli saraf menyarankan bahwa masyarakat harus melakukan aktivitas beragam sehingga bisa merangsang bagian otak lain yang mengarah pada kesehatan kognitif secara lebih baik dan menyeluruh. Kegiatan yang bisa dilakukan adalah melakukan sudoku, lalu beralih ke soal matematika, mendengarkan musik klasik, menari, bermain tenis atau bersosialisasi dengan orang-orang. Beragam kegiatan ini akan menjaga otak dengan baik dan melatih otak agar tidak hanya satu bagian saja yang aktif.

3. Olahraga Secara Rutin

Menurut Dr Devi menuturkan bahwa salah satu cara untuk membuat otak menjadi sehat adalah melalui latihan atau olahraga teratur, karena latihan dapat membuat tubuh menjadi bekerja dengan baik dan fungsi kognitif akan menjadi lebih baik. Dengan mendapatkan aktivitas fisik yang baik akan meningkatkan asupan oksigen dalam otak, memelihara sel-sel otak serta meningkatkan pertumbuhan sel saraf yang baru. Lakukanlah olahraga seperti aerobik 3-5 kali dalam seminggu.

Jangan Lupa Share Ya