Lakukan Hal Ini Untuk Melindungi Anak Dari Predator Seksual

BeritaKapan - Lakukan Hal Ini Untuk Melindungi Anak Dari Predator Seksual. Betapa hebatnya batin kita terhenyak ketika mendengar lagi kasus kekerasan seksual pada anak-anak yang dilakukan jaringan online pedofil baru-baru ini. Ternyata, predator seksual tidak hanya ada di lingkungan kita, melainkan mereka juga eksis di dunia maya hanya dengan lewat media sosial. Kasus terbaru saat ini adalah terungkapnya kelompok pedofil di salah satu grup Facebook untuk bertukar foto dan video porno anak.

Lakukan Hal Ini Untuk Melindungi Anak Dari Predator Seksual
Tahukah kamu, bahwa jaringan paedofil ini sudah memiliki anggota lebih dari 7.000 orang di beberapa lintas negara. Kemudahan dalam mengakses sebuah internet dapat mempermudah pemangsa mendapatkan anak-anak sebagai sasaran korbannya. Namun, keprihatinan dan kemarahan saja tidak cukup untuk menyelesaikan kasus ini. Melainkan kita juga harus aktif mencaritahu bagaimana cara melindungi anak-anak kita.

Menurut Anna Surti Ariani seorang psikolog, secara garis besar ada dua tahap "kerja" predator seksual paedofil yang perlu orang tua pahami. Pertama disebut dengan accessing, yaitu mereka akan mencari akses untuk bisa dekat dengan anak-anak. Atau mungkin bisa saja hanya dengan cara bekerja di rumah si Anak, atau menjadi sahabat orang tuanya, dan lain sebagainya.

Maka setelah dekat dengan si anak, mereka akan khusus baik ke anak dengan misalnya sering memberi hadiah tanpa alasan yang begitu jelas. Selain itu, mereka juga akan pandai untuk mencari cara supaya bisa berduaan dengan anak tersebut untuk dijadikan korbannya. Misalnya, ia akan menawarkan diri merawat anak saat orangtuanya pergi ke luar rumah.

Atau bisa saja hanya mengantar anak ke toilet dan orangtuanya dibujuk supaya tidak ikut dengan berbagai macam alasan, seperti selesaikan saja pekerjaan atau selesaikan makan dulu dan akhirnya membiarkan anak diantar oleh si Predator seksual tersebut. Kemudian, setelah dekat dan bisa berduaan dengan anak, di situlah pintu pelecehan seksual akan mulai terbuka. Jika anda sebagai orang tua ingin melindungi anak anda dengan baik, lakukanlah hal di bawah ini.

1. Jika anak anda mulai menginjak usia sekitar dua tahun segeralah untuk memberi mereka pengertian bahwa tidak boleh ada orang lain menyentuh mereka terutama di bagian dada, bibir, kelamin dan anus. Hanya orangtua lah yang boleh, itupun jika orangtuanya sedang memandikan mereka. 

2. Sebaiknya ajarkan anak untuk melapor jika ada orang lain yang menyentuh mereka dan membuat mereka tidak merasa nyaman. Dan jika anda merasa curiga apabila anak anda mungkin telah menjadi korban pelecehan, luangkanlah sedikit waktu khusus untuk bertanya dan mengajak anak mengobrol untuk mengonfirmasi kecurigaan anda.

3. Jika anda curiga di lingkungan rumah ada predator anak, sebaiknya ajak semua tetangga untuk bekerjasama dalam mengawasi anak-anaknya. Anda sebagai orang tua boleh bertanya ke tetangga sendiri seperti, "Saya kok merasa anak saya agak aneh karena terlalu dekat dengan anak-anak dan seringkali memberi hadiah, padahal tidak ada momen khusus.

4. Ajarkanlah anak anda supaya tidak membuka baju di depan orang lain dan jangan mau difoto dalam keadaan telanjang atau tidak berpakaian lengkap.

5. Ini yang khawatir, orangtua pun jangan membiasakan diri membuka atau mengganti pakaian anak di depan publik. Bahkan ketika sedang di pantai atau di kolam renang.Hal yang baik biasakanlah untuk mengganti atau membuka baju anak di toilet atau tempat yang tertutup. 

Itulah sedikit informasi mengenai hal yang harus dilakukan orang tua untuk melindungi anaknya dari predator seksual. Semoga dengan hal diatas, orang tua sebaiknya lebih bisa lagi untuk menjaga dan mengawasi anaknya dengan baik.

Jangan Lupa Share Ya