Satudarah MC, Gengmotor Ciptaan Orang Indonesia Yang Kini Ditakuti Banyak Negara Di Eropa

BeritaKapan - Satudarah MC, Gengmotor Ciptaan Orang Indonesia Yang Kini Ditakuti Banyak Negara Di Eropa. Satudarah Maluku Motorcycle Club (SatudarahMC), mendengar nama ini mungkin kita bakal berasumsi kalau geng motor satu ini berasal dari Indonesia. Kesannya mungkin begitu apalagi ketika merujuk nama, tapi Satudarah nyatanya hanya berasal dari Eropa, lebih tepatnya di negara Belanda. Dan sama seperti gangster lainnya, Satudarah juga sangat ditakuti. Di Eropa ada banyak sekali gangster dengan pamor mentereng, tapi boleh dibilang Satudarah lah yang disegani di sana. 

Satudarah MC, Gengmotor Ciptaan Orang Indonesia Yang Kini Ditakuti Banyak Negara Di Eropa
Hal tersebut tak lain karena senioritas serta aksi-aksi brutal tanpa ampun yang jadi kebiasaan geng motor ini. Seperti namanya, geng motor ini diawali oleh orang-orang Ambon asal Belanda serta dua orang negeri tulip pada tahun 90an. Perkembangannya cukup cepat sampai akhirnya menjadi besar dan ditakuti seperti hari ini. Diambilnya nama Satudarah sebagai nama kelompok karena pendirinya mayoritas memiliki darah keturunan yang sama dari Indonesia (Ambon dan Suriname) dan juga mempunyai ketertarikan dalam dunia motor.

Selain itu, nama Satudarah sendiri juga dapat diambil dari istilah orang Maluku, yaitu “Katong satu dara” atau “Katong basudara” atau dalam artian Bahasa Indonesia adalah “Kita satu darah” atau “Kita bersaudara.” SSedangkan logonya, yaitu dua kepala orang Indian yang berbeda warna dan menghadap berlawan arah memiliki artian keseragaman antar-sesama anggota namun tetap dalam satu kesatuan. Motto dari kelompok ini adalah “Black and Yellow Nation Worldwide.”

Sampai sekarang, sudah ada ribuan anggota dari Satudarah MC. Hanya saja khusus di Jerman, geng motor satu ini resmi dilarang berkembang karena dikhawatirkan berbahaya dan meresahkan masyarakat umum. Tentu saja, karena setiap kelompok pastinya memiliki daerah kekuasan dan akan terus mengembangkan wilayah ‘jajahannya,’ maka salah satu rival terkuat dari Satudarah MC adalah gengmotor yang juga tak kalah terkenal di dunia, yaitu Hell’s Angel. Namun dengan namanya yang begitu disegani, bahkan oleh Hells Angel yang ditakuti dunia.

Di Belanda sendiri, Hell’s Angel sudah memiliki 17 wilayah yang mana beberapa di antaranya berdampingan dengan wilayah yang dikuasai Satudarah MC. Dikarenakan saling berebut popularitas, wilayah dan berlomba merebut anggota sebanyak-banyaknya, tidak jarang anggota Hell’s Angel dan Satudarah MC terlibat keributan. 

Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat