Benarkah Keputihan Dapat Menghambat Kehamilan?

BeritaKapan - Benarkah Keputihan Dapat Menghambat Kehamilan? Keputihan merupakan suatu masalah klasik yang kerap dialami oleh setiap wanita. Gangguan yang satu ini terkadang membuat tidak nyaman. Tak hanya itu, ternyata ada pula yang beranggapan bahwa keputihan juga bisa menghambat kehamilan bagi para wanita yang sudah menikah. Benarkah demikian? Jawabannya tidak tapi kalau berhubungan ya, itu adalah mitos belaka. Menurut dr Noviyanti spesialis kandungan dari Mayapada Hospital Tangerang, keputihan itu sebanarnya harus dibedakan normal atau tidak normal.

Benarkah Keputihan Dapat Menghambat Kehamilan?
Jika cairan keputihan berwarna bening atau putih dan tidak berbau serta tidak ada keluhan lainnya, maka kondisi ini normal dialami wanita. Begitu juga keputihan yang muncul menjelang atau setelah haid, itu tergolong keputihan normal. 

Dengan kata lain, keputihan tidak berpengaruh signifikan sepanjang keputihan tidak disertai bau, panas, gatal, yang bisa menyebabkan infeksi pada saluran reproduksi wanita. 

Untuk mencegah keputihan yang tidak normal, sebaiknya anda harus mencuci Miss V dengan menggunakan air keran bersih yang mengalir. Meski demikian, sebaknya cobalah untuk tidak menyepelekan masalah keputihan ini jika sedang merencanakan kehamilan. 

Menurut dr Novi, bila tidak segara untuk diobati dan terjadi berulang akan menyebabkan infeksi radang panggul dan pada akhirnya mempengaruhi peluang keberhasilan pembuahan sel telur.

Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat