Mungkin Inilah Penyebab Tak Terduga Sering Bangun Malam Untuk Pipis

BeritaKapan - Mungkin Inilah Penyebab Tak Terduga Sering Bangun Malam Untuk Pipis. Malam hari adalah waktu untuk beristirahat bagi tubuh dan otak. Namun keinginan untuk buang air kecil di tengah malam bukan cuma menyebalkan, tapi juga bisa jadi tanda adanya masalah kesehatan yang belum terdeteksi oleh kita, misalnya diabetes. Penyebab lainnya dari kebelet pipis di malam hari adalah pola makan yang terlalu tinggi garam. 

Mungkin Inilah Penyebab Tak Terduga Sering Bangun Malam Untuk Pipis
Mengurangi asupan garam bukan hanya bisa mengurangi rasa ingin pipis saat tidur saja, tapi juga bisa meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Nokturia adalah suatu kondisi buang air kecil pada tengah malam hari secara terus-menerus, yang disebabkan oleh gaya hidup atau kondisi medis. Gejala yang ditimbulkan oleh nokturia adalah produksi urin yang berlebihan, frekuensi buang air kecil yang sering, dan merasa ingin buang air kecil, namun urin yang dikeluarkan sedikit.

Untuk bisa mencegah nokturia adalah anda bisa mengurangi minum sebelum pergi tidur. Selain itu, sebaiknya anda juga tidak perlu untuk mengkonsumsi alkohol dan kafein sebelum tidur. Coklat, makanan pedas, dan pemanis buatan terkadang juga mengandung diuretik. Senam kegel ternyata juga bisa menguatkan otot panggul dan membantu mengontrol kandung kemih. 

Kondisi ini akan membuat tidur terganggu sehingga bisa menyebabkan rasa lelah keesokan harinya. Menurut Dr.Matsuo Tomohiro, dengan mengubah pola makan, yakni mengurangi asupan garam, secara signifikan dapat mengurangi frekuensi pipis di malam hari. Selain pola makan, dorongan untuk pipis saat tidur malam juga bisa disebabkan oleh obat-obatan, kecemasan, infeksi ginjal, infeksi kandung kemih, serta diabetes.

Jangan Lupa Share Ya