Minum Secangkir Kunyit Secara Rutin Dapat Menyembuhkan Berbagai Penyakit

BeritaKapan - Kunyit sebagai tanaman herbal yang sangat manjur. Satu rimpang kunyit memiliki berjuta manfaat, diantaranya dapat menggugah nafsu makan dan memperlancar saluran pencernaan. Tahukah kamu serimpang kunyit bersifat anti karsinogenik dan anti inflamasi sehingga bisa bermanfaat untuk mencegah atau bahkan menyembuhkan beberapa penyakit yang dapat kamu ambil dari secangkir perasan kunyit.


Minum Secangkir Kunyit Secara Rutin Dapat Menyembuhkan Berbagai Penyakit
Zat warna kurkuminoid, Sebuah senyawa diarilheptanoid sekitar 3-4% dan yang terdiri dari Curcumin, dihidrokurkumin, desmetoksikurkumin dan bisdesmetoksikurkumin. Kandungan minyak volatile dalam kunyit telah menunjukkan aktivitas anti-inflamasi yang signifikan dalam berbagai model eksperimental dan penelitian. Bahkan lebih kuat dari minyak atsiri, hal ini dikarenakan pigmen kuning atau oranye dari kunyit yang disebut curcumin. Curcumin dianggap agen farmakologis utama dalam kunyit. 

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of oncogene, curcumin yang terkandung dalam kunyit mampu meningkatkan kekebalan sel imun dan menghambat produksi sitokin serta prostaglandin sehingga peradangan dalam tubuh dapat diatasi dan rasa sakit berkurang.

Minum Secangkir Kunyit Secara Rutin Dapat Menyembuhkan Berbagai Penyakit


Mengobati Diabetes

Secngkir atau segelas perasan ramuan dari rimang kunyit, dapat membantu untuk mengurangi kadar insulin dalam tubuh sehingga bermanfaat untuk mencegah diabetes tipe 2.

Peradangan dalam tubuh

Apabila terjadi sakit pada peradangan kronis yang terjadi dalam tubuh diketahui berpotensi menimbulkan bahaya. Sementara kunyit sendiri mengandung kurkuma/kurkumin yang memiliki sifat anti inflamasi dan diketahui efektif dalam melawan peradangan.

Mengobati Nyeri sendi
Dengan meminum secangkir perasan kunyit dapat membantu dalam menghilangkan radikal bebas berbahaya yang merusak sel-sel tubuh. Hal ini juga bermanfaat untuk mengurangi nyeri sendi. Banyak bahan-bahan herbal alami yang dapat digunakan untuk mengurangi gejala arthritis atau radang persendian ini, salah satunya adalah kunyit. Senyawa curcuminoid dan minyak essensial yang terkandung dalam kunyit mampu mengurangi produksi senyawa penyebab radang pada persendian.

Mencegah Penyakit jantung

Kurkumin yang ada dalam kunyit sngat bermanfaat untuk mencegah penumpukan plak yang bisa menyumbat arteri dan berujung dengan masalah kesehatan serius seperti penyakit jantung.

Mencegah Terjadinya Sel Kanker

Minum air kanker mencegah proliferasi atau kelangsungan hidup sel kanker dalam tubuh yang kemudian bermanfaat untuk mencegah penyebaran dan perkembangan sel kanker. 

Dalam banyak penelitian, efek anti-inflamasi curcumin ini telah terbukti sebanding obat hydrocortisone dan fenilbutazon sebagai zat anti-inflamasi seperti Motrin. Berbeda dengan obat-obatan, yang berhubungan dengan efek toksik yang signifikan (pembentukan ulkus, penurunan jumlah sel darah putih, pendarahan usus), curcumin tidak menghasilkan toksisitas.

Jangan Lupa Share Ya